Kroasia Kena Denda Imbas Ulah Suporter di Euro 2024

Ahmad Islamy Jamil
Kroasia Kena Denda Imbas Ulah Suporter di Euro 2024. (Foto: Reuters)

ZAGREB, iNewsMedan.id - Federasi Sepak Bola Kroasia (HNZ) dijatuhi denda oleh UEFA akibat ulah suporter saat pertandingan Kroasia melawan Albania di Euro 2024, Rabu (19/6/2024).

Pertandingan yang berlangsung di Hamburg itu berakhir imbang 2-2. Hasil itu menempatkan Albania dan Kroasia di posisi ketiga dan keempat Grup B untuk sementara waktu.

HNZ menyatakan, Badan Disiplin UEFA telah mengambil keputusan untuk mendenda HNZ atas insiden yang dilakukan para suporter selama pertandingan Kroasia-Albania di Piala Eropa 2024 di Jerman. HNZ didenda total 28.000 euro (Rp493,32 juta). 

"(Perinciannya dendanya) karena menyalakan kembang api (17.500 euro) euro) dan pelemparan benda (10.500 euro) oleh fans Kroasia selama pertandingan," bunyi pernyataan HNZ, Sabtu (22/6/2024).

Awal pekan ini, UEFA mengatakan telah meluncurkan penyelidikan terhadap penyerang asal Albania Mirlind Daku, yang juga bermain untuk klub Liga Utama Rusia Rubin Kazan, karena diduga melontarkan hinaan terhadap pemain Serbia dan Makedonia. Selain itu, seorang inspektur disiplin telah ditunjuk untuk menyelidiki dugaan perilaku rasial dan diskriminatif oleh para pendukung Albania dan Kroasia selama pertandingan.

Para pendukung Kroasia dan Albania meneriakkan "bunuh seorang Serbia!" selama pertandingan, dan rekamannya menjadi viral di media sosial di wilayah tersebut. Penghinaan bangsa itu dilaporkan terus berlanjut setelah pertandingan. Sekretaris Jenderal Federasi Sepak Bola Serbia, Jovan Surbatovic mengatakan, jika pelanggaran disiplin tersebut tidak dihukum, Serbia mungkin akan mundur dari kejuaraan Piala Eropa.

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network