Lapas Kelas I Medan Sembelih 13 Hewan Kurban pada Hari Raya Idul Adha 1445 H

Jafar
Lapas Kelas I Medan Sembelih 13 Hewan Kurban pada Hari Raya Idul Adha 1445 H. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan melaksanakan penyembelihan 13 hewan kurban dalam memperingati momentum Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Senin (17/6/2024).

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas I Medan, Maju Amintas Siburian, mengatakan 13 hewan kurban itu terdiri dari 10 ekor sapi dan 3 ekor kambing.

Ia menyebutkan dalam kegiatan proses penyembelihan hewan kurban tersebut, pihaknya melibatkan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas I Medan yang beragama muslim.

"Meskipun mereka sedang menjalani masa hukuman, mereka sangat antusias dan semangat mengolah hewan kurban. Kami berusaha memberikan layanan terbaik agar mereka tetap dapat merayakan Idul Adha dengan penuh sukacita meskipun dipisahkan oleh jeruji besi," ujarnya didampingi pejabat struktural dan petugas Lapas Kelas I Medan.

Sebab menurutnya, WBP berpartisipasi dalam kegiatan ini merasakan kesempatan untuk melaksanakan ibadah yang penting, bagi mereka meskipun berada di dalam penjara.

“Partisipasi penyembelihan hewan kurban tidak hanya sebagai kewajiban ibadah, tetapi juga sebagai sarana untuk memperkuat solidaritas dan nilai-nilai kebersamaan di antara WBP,” ujarnya.

Kegiatan ini juga, kata Maju, menjadi momen penting untuk membina dan memperdalam pemahaman WBP akan nilai-nilai keagamaan dan kemanusiaan. Selain itu juga menjaga semangat positif dalam menjalani proses masa pidana di dalam Lapas.

“Daging kurban ini, kita berikan kepada panitia pemotongan hewan kurban untuk didistribusikan kepada warga sekitar Lapas Kelas I Medan yang membutuhkan,” kata Kalapas.

Maju mengatakan pembagian daging kurban tersebut merupakan bentuk Lapas Kelas I Medan hadir ditengah masyarakat, dengan membagikan daging kurban kepada warga sekitar Lapas yang membutuhkan.

“Aksi sosial ini juga sebagai wujud kepedulian terhadap warga masyarakat yang berdomisili di sekitar Lapas. Semoga pembagian daging kurban ini, membawa keberkahan dan manfaat bagi warga masyarakat yang ada di sekitar Lapas yang membutuhkan," pungkasnya.

Sebelumnya, proses penyembelihan hewan kurban tersebut disaksikan langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas)  Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara  (Kemenkumham) Rudy F Sianturi.

Kemudian dihadiri Ka. KPLP Lapas Medan Eben Haezer Depari, Kabid Pembinaan Peristiwa Sembiring, Kabid Giatja Dekki Susanto dan Jajaran Pejabat Struktural Eselon IV.​

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network