Siapa Saja Pemain Timnas Indonesia yang Menjadi Mualaf? Berikut Daftarnya

Wikku D Nugroho
Pemain Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen. (Foto: Instagram/@timnas.indonesia)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Artikel ini akan mengulas daftar pemain Timnas Indonesia yang menjadi mualaf.

Beragam alasan mengapa mereka memeluk agama Islam, dari menikahi gadis Muslim di Indonesia maupun tertarik dengan ajaran yang disebarkan oleh Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam tersebut. 

Berikut iNews.id akan berikan informasi mengenai pemain Timnas Indonesia yang jadi mualaf yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (12/6/2024).  

Pemain Timnas Indonesia yang Jadi Mualaf 

1. Ragnar Oratmangoen 

Ragnar Oratmangoen jadi salah satu pemain andalan di lini depan Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong. Pemain Fortuna Sittard ini sukses mencetak gol perdananya di laga kontra Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, pada Maret 2024 lalu. 

Ragnar telah memeluk agama Islam sejak dirinya berusia 15 tahun. Keputusan itu diambil usai melalui proses pencarian makna hidup dan bimbingan dari teman-temannya.  

2. Cristian Gonzales 

Pencinta sepak bola Indonesia pasti mengenal pemain satu ini. Cristian Gonzales sempat jadi andalan Persik Kediri dari musim 2005 hingga 2009. 

Pemain berjuluk El Loco atau Si Gila itu berhasil antarkan klub berjuluk Macan Putih tersebut juara Liga Indonesia musim 2005/2006. Di musim itu ia juga menyabet gelar top skor dengan koleksi 29 gol. 

Sukses di beberapa klub besar membuat Pemerintah Indonesia memutuskan untuk me-naturalisasi Gonzales pada 2009. Tak sia-sia, eks pemain Persib Bandung itu antarkan Timnas Indonesia ke partai final Piala AFF 2010. 

Gonzales memutuskan menjadi mualaf pada Oktober 2003 usai bertemu dengan wanita yang kelak jadi istrinya, Eva Gonzales. Kini keduanya telah dikaruniai tiga orang anak.  

3. Markus Horison 

Markus Horison jadi salah satu pemain Timnas Indonesia yang memutuskan jadi mualaf. Kiper kelahiran Pangkalan Brandan, Sumatera Utara itu mengucapkan kalimat syahadat pada 2004. 

Setelah jadi mualaf, Markus Horison mengubah namanya menjadi Markus Haris Maulana. Setelah itu, kiper kelahiran 14 Maret 1981 ini menikah dengan selebritis, Kiki Amalia pada 2010. 

Markus jadi kiper Timnas Indonesia saat berhasil melaju hingga babak final Piala AFF 2010. Namun, di laga final skuad asuhan Ivan Kolev harus mengakui keunggulan Malaysia dengan skor agregat 2-4.  

4. Diego Michels 

Diego Michels sah menjadi WNI pada 3 Agustus 2011. Meski saat itu dirinya baru berusia 21 tahun, pemain kelahiran Deventer ini langsung main di Timnas Indonesia senior asuhan Aji Santoso. 

Diego memutuskan jadi mualaf setelah menjalani sidang kasus pengeroyokan pada 2012 silam. Pada akhirnya, pemain Borneo FC ini mengucapkan kalimat syahadat saat menjalani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 7 Februari 2013. 

5. Esteban Vizcarra 

Esteban Vizcarra dikenal sebagai salah satu talenta terbaik Argentina yang pernah bermain di Indonesia. Pemain yang memiliki nama lengkap Esteban Gabriel Vizcarra ini medapatkan status WNI pada Maret 2018 dan tujuh bulan berselang ia melakoni laga debut bersama Timnas Indonesia.

Vizcarra memutuskan memeluk masuk Islam pada 2012 silam saat menikahi gadis Indonesia bernama Resti Ayu Ferdina. Keduanya telah dikaruniai satu orang anak bernama Alex Roman.

Itulah informasi mengenai pemain Timnas Indonesia yang jadi mualaf. Semoga bermanfaat!

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network