get app
inews
Aa Read Next : Ini Kata Shin Tae-yong soal Kontroversi di Pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan

Daftar 17 Pemain Timnas Indonesia Sebelum Merdeka, Kaptennya Nyentrik Pakai Kacamata

Rabu, 17 Agustus 2022 | 20:30 WIB
header img
Daftar 17 Pemain Timnas Indonesia Sebelum Merdeka, Kaptennya Nyentrik Pakai Kacamata (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Daftar 17 pemain Timnas Indonesia sebelum merdeka menarik untuk diulas. Kaptennya berpenampilan nyentrik dengan kacamata. 

Indonesia sudah memiliki timnas sebelum menjadi negara yang berdaulat seperti sekarang. Saat itu masih diberinama Timnas Hindia Belanda. Tim ini merupakan bentukan Federasi Sepak Bola Buatan Belanda di Indonesia alias NIVU. Hebatnya tim ini pernah merasakan panasnya atmosfer Piala Dunia 1938 di Prancis.

Namun sempat terjadi perdebatan apakah Tim Hindia Belanda benar-benar Timnas Indonesia atau bukan karena dulunya bentukan Belanda. Tetapi FIFA mengakui jika Indonesia negara Asia pertama yang tampil di Piala Dunia. Sayangnya kala itu Timnas Hindia Belanda tak bisa berbuat banyak. 

Mereka dikalahkan Hungaria dengan skor yang mencolok 0-6.  Di Piala Dunia 1938 Timnas Indonesia dikapteni pria pribumi bernama Achmad Nawir. Pemain yang lahir pada 1911 ini berposisi sebagai gelandang dalam timnya.  Berbagai sumber menyebut, Achmad merupakan pesepak bola yang merumput bersama HBS Surabaya. 


Daftar 17 Pemain Timnas Indonesia Sebelum Merdeka, Kaptennya Nyentrik Pakai Kacamata (Foto: Istimewa)

 

Satu ciri khas yang selalu melekat padanya adalah, dia selalu menggunakan kacamata saat bertanding. Achmad Nawir sendiri memiliki otak encer. Dirinya adalah pemain bola yang bergelar doktor atau lulusan S3. 

Selain Achmad Nawir, di posisi tengah ada Frans Meeng dan Sutan Anwar. Kemudian posisi kiper kala itu ditempati Mo Heng Tan (Kiper). Lalu di posisi bek ada Frans Hu Kon dan Jack Samuels. 

Sementara lini depan Tim Hindia Belanda diisi oleh The Hong Djien, Isaak Pattiwael, Hans Taihuttu, Suvarte Soedarmadji dan Henk Zomers. Skuad Hindia Belanda dilatih oleh Johannes Mstenbroek. Dia berasal dari Belanda sekaligus mengetuai Nederlandsch-Indischie Voetball Unie (Asosiasi Sepakbola Hindia Belanda). 

Editor : Ismail

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut