Survei Vote Institue: Bobby Nasution Kalahkan Ahok dan Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut 2024

Jafar
Survei Vote Institue: Bobby Nasution Kalahkan Ahok dan Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut 2024. (Foto: iNewsMedan.id/Jafar)

MEDAN, iNewsMedan.id - Lembaga Survei Vote Institute merilis hasil survei terkait elektabilitas calon Gubernur Sumut pada Pilgub Sumut 2024 mendatang.

Dari hasil survei yang melibatkan 1.800 responden di 33 Kabupaten/Kota di Sumut, sebanyak 21 tokoh menjadi objek wawancara terkait siapa yang paling diinginkan untuk menjadi Gubernur Sumut selanjutnya.

"Nama yang populer dan paling diinginkan adalah Muhammad Bobby Afif Nasution yang saat ini masih menjabat Wali Kota Medan. Saat ini elektabilitas Bobby Nasution pun tertinggi dibandingkan nama-nama yang muncul digadang maju Pilgubsu," ujar Pengamat Vote Institute, Farida Hanim, Selasa (28/5/2024).

Ia juga menambahkan, ada beberapa poin yang membuat masyarakat percaya sosok Bobby Nasution mampu memimpin Sumatera Utara.

"Figur Bobby Nasution merupakan bakal calon gubernur yang memiliki popularitas dan elektabilitas yang paling tinggi diantara nama-nama yang sempat muncul ke publik. Angka popularitasnya mencapai 21,4%. Pertanyaan popularitas ini diajukan tanpa bantuan showcard, dalam artiian berdasarkan top of mind dari responden," terang Hanim.

Elektabilitas Bobby Nasution bahkan berada pada angka yang lebih tinggi per Mei 2024, nilainya mencapai 35,2%.

Ia juga menjelaskan soal ketertarikan utama masyarakat memilih Bobby Nasution dan kinerjanya selama memimpin Kota Medan.

"Selama ini figur Bobby Nasution hanya dikaitkan dengan status sebagai menantu Jokowi. Hal ini tidak dipungkiri menjadi salah satu pertimbangan. Akan tetapi hasil survei menunjukkan bahwa hal yang paling diingat adalah figurnya sebagai Wali Kota Medan. Ada 27,5 persen yang mengingatnya sebagai Wali Kota Medan, dan ada 23,3 % yang mengaitkan figurnya dengan Jokowi. Akan tetapi, Bobby Nasution as person juga diingat sebagai figur yang tegas dan berwibawa, sudah terlihat kinerjanya, merakyat dan mau menerima aspirasi rakyat," ungkap Hanim.

Editor : Odi Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network