Menteri PUPR Basuki Sebut Air di IKN Bisa Langsung Diminum

Iqbal Dwi Purnama
Menteri PUPR Basuki Sebut Air di IKN Bisa Langsung Diminum. (Foto: Iqbal Dwi)

KALIMANTAN TIMUR, iNewsMedan.id - Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menyebut air di Ibu Kota Nusantara (IKN) bisa langsung diminum. Hal itu terealisasi lewat instalasi penjernihan air yang saat ini tengah dirampungkan oleh pemerintah.

Basuki menjelaskan, saat ini reservoir atau tampungan air IKN sudah rampung dibangun, tinggal menunggu instalasi penjernihan air dan menyambung pipa untuk didistribusikan ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

"Pipa sudah tersambung sampai Reservoir. Nanti dari IPA, air akan dipompa ke sini (reservoir) dalam bentuk air minum, 2 x 6.000 meter kubik untuk kebutuhan air IKN di bawah," ujar Basuki saat meninjau IKN, Senin (6/5/2024).

Nantinya, air yang ada di reservoir akan dialirkan ke bawah menuju KIPP untuk dapat langsung dikonsumsi oleh masyarakat. Targetnya, pada bulan Juni mendatang pekerjaan tersebut sudah dapat dirampungkan.

Untuk kapasitasnya, kata Basuki, reservoir IKN nantinya mampu mengalirkan air 300 liter per detik ke kawasan KIPP melalui 2 pipa yang akan dipasang dari reservoir ke KIPP.

"Ini kami jadwalkan, pompanya 2 x 300 liter per detik akan datang akhir Mei, sehingga Juni kita instal. Sementara menunggu itu, reservoir akan commissioning minggu depan," tutud Basuki.

"Setelah commissioning, air akan didistribusikan ke KIPP, saya juga mau liat dan mengecek JDU, JDP, siap atau nggak. Minimal sampai dengan Juni harus siap semua. Juli kita targetkan aman, dan kita mulai pindah ke sini," kata dia.​​​​​

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network