Kenali  Penyakit Jantung Rematik Menyerang Anak Akibat Infeksi Tenggorokan

Devi Pattricia
Penyakit jantung rematik (PJR) merupakan suatu kondisi ketika terjadi kerusakan pada katup jantung yang dapat berupa penyempitan atau kebocoran. Foto: Siloam Hospitals

JAKARTA, iNewsMedan.id - Penyakit jantung rematik (PJR) merupakan suatu kondisi ketika terjadi kerusakan pada katup jantung yang dapat berupa penyempitan atau kebocoran.  Kondisi ini terjadi sebagai akibat adanya gejala sisa dari Demam Rematik (DR).

Guru Besar Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah FKUI, Prof. Dr. dr. Amiliana Mardiani Soesanto, Sp.JP, Subsp. Eko(K) mengungkap bahwa penyakit ini disebabkan karena infeksi bakteri Streptococcus tipe A.

“Penyakit ini berawal dari infeksi tenggorok oleh kuman streptococcus beta hemolitikus grup A pada masa kanak-kanak yang menimbulkan reaksi inflamasi dan autoimun,” kata Prof. Amiliana Mardiani Soesanto dalam pidatonya pada acara Pengukuhan Guru Besar Tetap Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Sabtu (17/2/2024).

Meski penyakit ini bisa dicegah, Prof. Amiliana Mardiani Soesanto menjelaskan ada kemungkinan sekitar 1% sampai 3% infeksi tenggorok yang bisa menjadi Demam Rematik Akut (DRA) dan faktor genetik juga peranan penting. 

Pasien yang memiliki demam rematik akut harus melakukan pengobatan serta pencegahan yang kuat. Pasalnya penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan morfologi dan fungsi katup jantung secara permanen. 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network