Pemberdayaan Kelompok Tani dan Masyarakat Berbasis Produksi dan BioSosiopreneur di Desa Dolat Rayat

Jafar
Pemberdayaan Kelompok Tani dan Masyarakat berbasis Produksi dan BioSosiopreneur di Desa Dolat Rayat. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Program studi Doktor Ilmu Pertanian, Universitas Medan Area (UMA) telah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Dolat Rayat, Kabupaten Karo. Kegiatan ini diketuai oleh Prof. Dr. Ir. Retna Astuti Kuswardani, M.S yang beranggotakan Dr. Budi Hartono, M. Si, M.Si dan Raudha Anggraini Tarigan, SP, M.P. Kegiatan ini juga melibatkan Kelompok Tani dan Masyarakat di Desa Dolat Rayat untuk menjaga kelestraian lingkungan melalui penggunaan BIOSAKA dan diversifikasi produk pada Jumat (20/7/2023).

Kegiatn pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan yaitu dengan memberikan pelatihan teknik budidaya tanaman strawberry yang sehat, packaging dan pemasaran buah strawberry. Dalam pelatihan teknik budidaya tanaman strawberry yang sehat, Dr. Ir. Syahbuddin, M.Si selaku Narasumber memberikan edukasi kepada Kelompok Tani dalam memanfaatkan alam sekitar untuk pembuatan BIOSAKA. 

BIOSAKA merupakan singkatan dari Bio (biologi) dan Saka (Selamatkan Alam Kembali ke Alam) yang digunakan sebagai Elisitor untuk mengendalikan serangan hama dan penyakit serta dapat dijadikan sebagai prasyarat pertanian berkelanjutan. Selain itu, Kelompok Tani juga diberikan edukasi pembuatan pupuk oraganik cair, sehingga masyarakat dapat melakukan budidaya tanaman strawberry yang sehat dan ramah lingkungan dengan membuat pupuk organic secara mandiri dan mengurangi pengunaan pupuk kimia. 

Sebagai tambahan, kelompok tani dan masyarakat juga diberikan pengetahuan dalam melakukan pengemasan produk buah dan sayur agar buah dan sayur yang akan mereka jual memiliki nilai tambah yang tinggi sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani, serta membuat brand tersediri yang bernama K3Mart (Kedai Kita Krina). K3Mart berkonsep agrowisata dengan nuansa Khas karo sebagai daya tarik tambahan yang diberikan untuk mendorong minat pengunjung.

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network