12 Fatwa Penting Terkait dengan Shalat Jumat

Vitrianda Hilba Siregar
12 fatwa penting Hari Jumat.Foto: SINDOnews

MEDAN,  iNewsMedan.id - Hari Jumat mempunyai kemuliaan dan keutamaan.Sehingga tak heran apabila Hari Jumat disebut walinya para hari. 

Di dalam Hari Jumat selain amalan wajib,  banyak juga amalan sunah yang dapat dikerjakan Muslim. 

Nah berkaitan dengan Hari Jumat ada 12 fatwa yang akan disampaikan di bawah ini. 

 من صلى الجمعة بأهله في بيته فإنهم يعيدونها ظهراً ، ولا تصح منهم صلاة الجمعة

Barangsiapa yang shalat Jum'at dirumahnya dengan keluarganya maka mereka harus mengulangi shalatnya menjadi shalat Dzuhur, dan tidak sah sholat Jum'atnya. Al Lajnah Ad Daimah (8/196).

الواجب على الرجال أن يصلوا الجمعة مع إخوانهم المسلمين في بيوت الله ، أماالنساء فليس عليهن جمعة ، والواجب عليهن ان يصلين ظهرا

Kewajiban bagi para lelaki adalah untuk shalat Jumat bersama saudara-saudaranya kaum muslimin di rumah-rumah Allah, adapun wanita tidaklah ada kewajiban shalat Jumat, kewajiban bagi mereka adalah shalat Dzuhur. Al Lajnah Ad Daimah (8/196).

 أمر عثمان رضي الله عنه يوم الجمعة بالأذان الأول ، وليس ببدعة لما سبق من الأمر باتباع سنة الخلفاء الراشدين

Utsman radhiyallahu 'anhu memerintahkan dihari Jum'at dengan adzan pertama, dan itu bukan hal yang bid'ah, karena telah terdahulu perintah untuk mengikuti sunnahnya Khulafaur Rasyidin. Al Lajnah Ad Daimah (8/198).

لايجوز لمن في المسجد أن يتكلم أثناء خطبة الجمعة مع آخر مطلقاً 

Tidak diperbolehkan bagi seorang yang didalam masjid untuk berbicara dengan selainnya ketika terselenggara khutbah secara mutlak.  Al Lajnah Ad Daimah (8/201).

 أما الإمام فله أن يتكلم بما يرى فيه المصلحة 

Adapun imam maka baginya boleh berbicara dengan sesuatu yang dia anggap ada mashlahat (kebaikan) nya.*
 Al Lajnah Ad Daimah (8/202).

 تجوز إقامة الجمعة لو قل العدد عن أربعين ؛ لعموم قوله تعالى : (يا أيها الذين آمنوا إذا نودي للصلاة من يوم الجمعة فاسعوا إلى ذكر الله)

Boleh menegakkan sholat Jum'at walaupun jumlahnya lebih sedikit dari empat puluh, sesuai dengan keumuman firman Allah; "Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian dipanggil untuk melaksanakan shalat Jum'at maka bersegeralah untuk mengingat Allah."*
Al Lajnah Ad Daimah (8/215).

 إذا صلى الخطيب على النبي صلى الله عليه وسلم فيصلي المستمع من غير رفع الصوت

Jika seorang khatib bershalawat kepada Nabi shalallahu alaihi wasallam maka hendaklah para pendengar juga bershalawat tanpa mengeraskan suara.
 Al Lajnah Ad Daimah (8/217).

 من فاتته ركعة من صلاة الجمعة وأدرك ركعة فقط صلى معها ركعة وكانت له جمعة ، لأنه صح عن النبي مايدل على ذلك

Barangsiapa yang terluputkan satu rakaat dari shalat Jum'at dan hanya mendapatkan satu rakaat saja, maka ia menambah shalatnya satu rakaat saja dan itu teranggap mendapatkan Jum'at, karena telah shahih dari Nabi shalallahu alaihi wasallam yang menunjukkan hal tsb.  Al Lajnah Ad Daimah (8/225).

 من السنة أن يسلم الخطيب على الجماعة إذا صعد على المنبر قبل أن يجلس

Diantara perkara yang sunnah adalah seorang khatib memberi salam kepada jama'ah ketika telah naik diatas mimbar sebelum ia duduk.  Al Lajnah Ad Daimah (8/234).

كلام الإنسان مع غير الإمام حال خطبة الجمعة حرام

Seseorang yang berbicara bersama selain imam ketika kondisi khutbah Jum'at adalah perkara haram. Al Lajnah Ad Daimah (8/240).

 لا يجوز تشميت العاطس ، ولا رد السلام ، والامام يخطب ، على الصحيح من أقوال العلماء

Tidak diperbolehkan menjawab doa seorang yang bersin (dengan yarhamukallah; pent), dan tidak boleh pula menjawab salam dalam kondisi imam berkhutbah menurut pendapat yang benar dari pendapat-pendapat para ulama. Al Lajnah Ad Daimah (8/242).

 ليس لصلاة الجمعة سنة راتبة قبلها ، لكن يشرع التنفل بما شاء قبل دخول الإمام

Tidak ada shalat sunnah rawatib qobliyah pada shalat Jum'at, namun disyariatkan untuk melakukan shalat sunnah (mutlak; pent) sesuai keinginannya sebelum imam masuk.
 Al Lajnah Ad Daimah (8/249).

 المشروع أن يقرأ في صلاة الجمعة بسورتي (سبح والغاشية) أو (الجمعة والمنافقون) أو (الجمعة وهل أتاك حديث الغاشية)

Disyariatkannya untuk membaca pada shalat Jum'at dengan dua surah; (Sabbihisma & Al Ghasyiyah)  atau (Al Jum'ah dan Al Munafiqun) atau (Al Jum'ah dan Hal ataka haditsul ghasyiyah). Al Lajnah Ad Daimah (8/279).

Ustadz Fauzan Abu Muhammad  Al Kutawy Hafizhahullah mengatakan, Asy Syaikh Sholih Al Fauzan  حفظه الله  berkata:

 Selamatkanlah dirimu dari api neraka dengan bertaqwa kepada Allah dan selamatkanlah anak anakmu dari api neraka dengan pendidikan yang sholihah diatas islam, agama, dan akhlak yang mulia,  jika tidak maka sesungguhnya engkau menjadi pengkhianat terhadap amanat yang engkau pikul 

 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network