12 Peristiwa Penting di Bulan Muharram, Mulai Nabi Adam Diciptakan hingga Nabi Isa Dilahirkan

Novie Fauziah
Ada 12 peristiwa penting di Bulan Muharram. Foto: Freepik

MEDAN, iNewsMedan.id - Ada peristiwa penting di Bulan Muharram. Bulan Muharram merupakan salah satu bulan suci (haram) yang mengandung sejumlah keistimewaan dan amalan salih di dalamnya. Bulan ini tidak boleh diabaikan, karena amalan baik yang dilakukan di dalamnya dapat menambah pahala di akhirat.

Bulan Muharram termasuk dalam bulan yang istimewa, diberkahi, dan dimuliakan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala serta Rasul-Nya. Terdapat banyak dalil yang menunjukkan betapa pentingnya bulan Muharram.

Keistimewaan bulan Muharram telah jelas disampaikan melalui Al Quran surah At Taubah ayat 36

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ ۚ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

"Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram.

Selain itu, bulan Muharram juga merupakan waktu terjadi beberapa peristiwa penting. Apa saja peristiwa tersebut? Berikut adalah penjelasannya, seperti yang telah dihimpun.

Beberapa peristiwa penting di bulan Muharram sebelum masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah sebagai berikut: 

1.Nabi Adam alaihi salam (as) diciptakan Allah di surga. 
2.Nabi Adam bertaubat kepada Allah dan diterima.  
3.Kapal Nabi Nuh as berlabuh di bukit Zuhdi setelah banjir dahsyat. 
4.Terbelahnya laut merah saat pengejaran Nabi Musa as oleh Fir'aun. Dilahirkannya Nabi Ibrahim as. Selamatnya Nabi Ibrahim as dari siksaan api Raja Namrud. 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network