Deretan Gunung Tertinggi di Pulau Sumatera, Nomor 6 Ada Air Terjun dan Telaga

Nani Suherni
Gunung Sinabung (Foto: Antara/IST)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Deretan gunung tertinggi di Pulau Sumatera ini merupakan medan yang menarik bagi para pendaki. Salah satunya, Gunung Sinabung.

Indonesia dikenal sebagia salah satu negara yang memiliki banyak gunung. Tak heran pada pendaki di sejumlah gunung di Indonesia pun kerap ada yang dari luar negeri.

Salah satu pulau yang kaya akan gunungnya salah satunya Sumatera. Tercatat lebih dari 40 gunung yang ada di Pulau Sumatera.

Gunung Tertinggi di Pulau Sumatera

1. Gunung Kerinci

Gunung yang berada di Sumatera Barat ini memiliki ketinggian  3.805 mdpl. Gunung ini statusnya masih akfif. Terakhir meletus di tahun 2009.

2. Gunung Pesagi

Gunung Pesagi memiliki ketinggian 3.221 mdpl. Secara geografis berada Lampung. Gunung ini statusnya mati alias tidak aktif dan menjai gunung bersejarah di Lampung.

3. Gunung Leuser

Gunung Leuser berada di tiga kabupaten Aceh yakni Aceh Selatan, Aceh Barat Daya dan Gayo Lues. Gunung Leuser ini masuks ke dalam Taman Nasional Gunung Leuser. Gunung ini memiliki ketinggian 3.404

4. Gunung Dempo

Gunung ini berada di perbatasan Bengkulu dan Sumatera Selatan. Gunung Dempo memiliki ketinggian 3.159 mdpl. Statusnya masih aktif hingga kini.

5. Gunung Bandahara

Masih berada di wilayah Aceh, tepatnya di Kabupaten Gayo Lues, gunung Bandahara memiliki ketinggian 3.030 mdpl. Jika mendaki gunung ini, kalian akan menemukan Nepenthes yakni tanaman endemik Pulau Sumatra yang hanya ada di Gunung Bandahara.

6. Gunung Talamau

Gunung tertinggi di Pulau Sumatera selanjutnya ada Gunung Talamau. Lokasi tepatnya ada di Pasaman Barat, Sumbar. Gunung dengan ketinggian 2.919 mdpl ini memiliki air terjun dan telaga.

7. Gunung Masurai

Gunung ini terletak di tiga wilayah kecamatan di kabupaten Merangin, Jambi, yakni kecamatan Lembah Masurai, Jangkat dan Sungai Tenang. Gunung dengan ketinggian  2.980 mdpl ini diperuntukan sebagai kawasan Hutan Konservasi.

8. Gunung Singgalang

Gunung Singgalang yang masih aktif ini memiliki ketinggian 2.877 mdpl. Gunung ini ada di Kabupaten Agam, Sumbar.

9. Gunung Geureudong

Masih di wilayah Aceh, Gunung Geureudong dinobatkan sebagai tujuh gunung tertinggi di Aceh. Ketinggiannya 2.885 mdpl.

10. Gunung Marapi

Gunung Marapi memiliki ketinggian 2.891 mdpl. Statusnya masih aktif. Lokasi tepatnya berada di Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, dan Kotamadya Padang Panjang, Sumbar.

11. Gunung Perkison

Berikutnya ada Gunung Perkison dengan ketinggian 2.828 mdpl. Dulunya gunung ini statusnya aktif namun saaat ini sudah mati. Lokasi tepatanya berada di Aceh Tenggara.

12. Gunung Sumbing

Gunung dengan ketinggian 2.507 mdpl ini terletak di Jambi. Gunung Sumbing ii selalu ditutupi kabut awan dilihat dari Danau Pauh. Disebutkan jika Gunung Sumbing merupakan gunung berapi stratovolcano.

13. Gunung Sinabung

Berikutnya ada Gunung Sinabung. Gunung dengan ketinggian 2.475 mdpl ini statusnya masih aktif. Bahkan gunung yang berada di Kabupaten Karo, Sumut ini dilarang didaki.

14. Gunung Seblat

Gunung ini memiliki ketinggian 2.383 mdpl. Lokasinya terletak di Kabupaten Lebong, Bengkulu dan Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatra Selatan.

15. Gunung Kaba

Gunung dengan status aktif ini terletak di Kecamatan Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Gunung Kaba memiliki ketinggian 1.952 mdpl.

Itulah gunung tertinggi di Pulau Sumatera. Kalian tertarik untuk mendaki?.

Artikel ini telah terbit di halaman iNewsSumut.id dengan judul Gunung Tertinggi di Pulau Sumatera, Ada yang Selalu Ditutupi Awan Kabut hingga Jadi Sejarah

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network