Lestarikan Sejarah Leluhur, PSBI Napak Tilas Gunung Simbolon

Jafar
Penyerahan bendera PSBI dari Tim Paramotor kepada Ibu Ketua Umum PSBI, Dessi Trinita br Tobing. (Foto: Istimewa)

SIMALUNGUN, iNewsMedan.id - Ribuan anggota Punguan Simbolon Dohot Boru Indonesia (PSBI) melakukan Napak Tilas Gunung Simbolon di Nagori Dolok Simbolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), Minggu (25/6/2023).

Hal itu dilakukan PSBI Sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat Simalungun yang menerima leluhur marga Batak Simbolon, sekaligus melestarikan sejarah marga Simbolon di Tanah Simalungun.

Dolok atau Gunung Simbolon merupakan saksi sejarah adanya warga Batak Simbolon yang tinggal di daerah kaki gunung di Nagori Dolok Simbolon.

Napak tilas ini dimulai dengan iring-iringan romobongan anggota PSBI dan dilepas langsung oleh Ketua Umum PSBI, Effendi Simbolon dan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Dalam perjalanan, rombongan PSBI menempuh Kondisi jalan yang rusak dan berlumpur hingga menyulitkan kendaraan roda empat untuk melintas dan sangat berisiko menuju lokasi kegiatan. Namun, hal itu tak membuat anggota PSBI mundur.

Bahkan, mereka tetap semangat berjalan kaki sejauh kurang lebih 10 Km meski bercucuran keringat lantaran kondisi medan yang mendaki. Sesekali, mereka berhenti untuk merehatkan kaki di pertengahan jalan hingga mengatur nafas yang terengah-engah.

Alhasil, setibanya di Nagori Dolok Simbolon, rasa lelah mereka pun terbayarkan dengan keindahan suasana desa dan pemandangan Gunung Simbolon.

Ketua Umum PSBI, Effendi Simbolon bersama rombongan melaksanakan ibadah di gereja setempat bersama warga sekitar yang antusias menyambut kedatangan mereka.

Editor : Odi Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network