Khutbah Terakhir Nabi Muhammad SAW di Arafah, Abu Bakar Ash-Shiddiq pun Tak Kuasa Menahan Tangis

Vitrianda Hilba Siregar
Bukit Arafah di Namira, sebuah desa sebelah timur Arafah, Rasulullah SAW berkhutbah pada haji perpisahan. (Foto: Sindonews/Ilustrasi: muslim judicial council)

"Hai manusia, dengarlah dengan penuh perhatian apa yang ingin aku sampaikan. Aku tidak tahu apakah aku akan bisa bertemu dengan kalian semua setelah tahun ini. Oleh karena itu, perhatikanlah kata-kataku  ini dengan seksama dan sampaikanlah kepada orang-orang yang tidak dapat hadir di sini pada hari ini."

"Hai manusia, sebagaimana kalian menghormati bulan ini dan kota ini sebagai yang suci, maka anggaplah jiwa dan harta setiap Muslim sebagai amanah yang suci. Kembalikanlah harta yang telah dipercayakan kepadamu kepada pemilik yang berhak, janganlah menyakiti siapapun agar kalian tidak disakiti pula. Ingatlah, suatu saat kalian akan bertemu dengan Tuhan kalian, dan Dia akan mengevaluasi segala amalan yang kalian lakukan. Allah telah mengharamkan riba, oleh karena itu segala transaksi yang melibatkan riba dihentikan mulai sekarang."

"Jagalah diri kalian dari godaan setan demi keselamatan agama kalian. Ia telah berputus asa untuk menyesatkan kalian dalam perkara-perkara besar, oleh karena itu berhati-hatilah agar tidak terjebak dalam perkara-perkara yang kecil."

"Wahai manusia, sebagaimana kamu mempunyai hak atas para isteri kamu, mereka juga mempunyai hak diatas kamu. Sekiranya mereka menyempurnakan hak mereka ke atas kamu, maka mereka juga berhak untuk diberi makan dan pakaian dalam suasana kasih sayang. Layanilah wanita-wanita kamu dengan baik dan berlemah lembutlah terhadap mereka kerana sesungguhnya mereka adalah teman dan pembantu kamu yang setia. Dan hak kamu atas mereka ialah mereka sama sekali tidak boleh memasukkan orang yang tidak kamu sukai ke dalam rumah kamu dan dilarang melakukan zina,"

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network