Kementerian ESDM Ungkap 418 Perusahaan Tambang Belum Pasok Batu Bara ke PLN

Athika Rahma
Ilustrasi Tambang Batu Bara. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Terdapat sebanyak 418 perusahaan tambang di Kalimantan Timur yang belum memasok batu bara ke PLN. Pemenuhan Domestic Market Obligatin (DMO) dari 418 Perusahaan masih 0%, hal tersebut diungkapkan oleh Kementerian ESDM.

Melalui laman akun Instagram @pemprov_kaltim, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kalimantan Timur Christianus Benny mengatakan bahwa hasil rapat sosialisasi mencatat bahwa ada 418 perusahaan masih sama sekali belum menjalankan DMO untuk PLN.

"Hasil rapat atau sosialisasi, yakni ada 418 perusahaan yang sampai Oktober 2021 belum sama sekali atau 0% menjalankan DMO untuk PLN yang ET (izin eksportir terdaftar)nya akan dibekukan sementara," ujar Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kalimantan Timur Christianus Benny, dikutip dari Instagram @pemprov_kaltim, Rabu (5/1/2022). 

Kedua, ada 30 perusahaan yang sampai Oktober 2021, telah menjalankan DMO sekitar 1–24% memenuhi DMO ke PLN. Ketiga, ada 17 perusahaan yang pemenuhan DMO 25–49% untuk PLN. Keempat, sebanyak 25 perusahaan yang pemenuhan DMO 50–75% untuk PLN. 

Kelima, ada 29 perusahaan yang pemenuhan DMO 76–100% untuk PLN. "Keenam, sebanyak 93 perusahaan yang sampai Oktober 2021, pemenuhan DMO untuk PLN sudah 100%," ujar Benny. 

Adapun, Benny melaporkan 25 perusahaan tambang sudah dibolehkan mengekspor batubara karena DMOnya sudah di atas 76%. "Mudah-mudahan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah Kaltim melalui ekspor pertambangan," pungkasnya. 

Editor : Chris

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network