Wajib Tahu! Tak Ada Istilah Penyakit Gula Basah dan Kering dalam Dunia Medis

Pradita Ananda , Odi Siregar
Ilustrasi penyakit diabetes atau gula. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Masyarakat Indonesia pada umumnya masih percaya bahwa adanya perbedaan antara penyakit gula basah dan kering.

Sebagian besar orang awam, terutama pengidap diabetes beranggapan yang namanya penyakit gula atau diabetes ini ada dua jenisnya, yakni diabetes kering dan diabetes basah. Padahal, seperti dikutip dari laman Alodokter, nyatanya dalam dunia medis sendiri, sebenarnya tidak ada istilah diabetes atau penyakit gula kering ataupun penyakit gula basah.

Umumnya, penyakit gula dibagi dalam tiga jenis yakni diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan diabetes gestasional yakni diabetes selama masa kehamilan. Tentang kondisi penyakit ‘basah dan kering’ terkait diabetes, contohnya bisa dilihat dengan Gangren.

Gangren ialah ketika bagian tubuh tertentu tidak mendapatkan sirkulasi darah yang cukup dan menyebabkan jaringan di dalamnya mati. Tanda-tanda umumnya bisa berupa, kemerahan di area yang terkena lalu bisa berubah warnanya jadi coklat atau hitam. Selanjutnya, rasa nyeri berkembang menjadi mati rasa.

Editor : Odi Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network