Kota Tua Berusia 3.400 Tahun Muncul dari Dasar Sungai Tigris, Artefak Berharga Banyak Ditemukan 

Wasis Wibowo
Reruntuhan bangunan kota tua berusia 3.400 tahun yang muncul dari dasar sungai Tigris di Mosul, Irak. (Foto: Phys/University of Tubigen).

BAGHDAD, iNewsMedan.id - Reruntuhan bangunan kota tua berusia 3.400 tahun tiba-tiba muncul dari dasar sungai Tigris di Mosul, Irak. Permukiman kota kuno ini muncul dari dasar sungai setelah permukaan airnya menyusut akibat kekeringan esktrem di Irak dan membuat waduk Mosul kering. 

Tim arkeolog Jerman dan Kurdi yang menemukan bangunan kuno itu ternyata istana dari Kekaisaran Mittani. Mereka juga menemukan sejumlah artefak berharga dari kota kuno tersebut. 

Kota yang luas dengan istana dan beberapa bangunan besar bisa jadi dikenal dengan Zakhiku kuno, sebagai pusat penting di Kekaisaran Mittani (1550-1350 SM). 

Munculnya kembali kota Zaman Perunggu yang telah tenggelam beberapa dekade mengundang para peneliti dan arkeologi langsung melakukan survei. Penemuan kota kuno ini terletak di Kemune di Wilayah Kurdistan Irak.

Peristiwa tak terduga ini membuat para arkeolog untuk segera mendokumentasikan dan meneliti berbagai artefak yang ditemukan. Sebab, jika permukaan air sungai naik kembali akan membuat proses penelitian menjadi lebih sulit. 

Editor : Jafar Sembiring

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network