Mengenal Bachtiar Karim, Raja Minyak Sawit yang Masuk Daftar Orang Terkaya di Indonesia

Tim iNews
Pengusaha, Bachtiar Karim. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Pengusaha, Bachtiar Karim, mendapat julukan sebagai Raja minyak sawit dari Medan. Ia kian dikenal lantaran masuk daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes.

Pria kelahiran 5 November 1957 ini dikenal sebagai pengusaha sawit. Forbes mencatat, kekayaan Bachtiar Karim senilai 3,5 miliar dolar Amerika atau sekitar Rp50 triliun.

Bisnis sawit sebenarnya bukan hal baru bagi Bachtiar Karim. Usaha itu rupanya diwarisinya dari rintisan sang kakek dengan nama perusahaan Musim Mas sejak tahun 1932.

Dulu, Musim Mas rupanya bukan memproduksi minyak sawit.  Perusahaan itu justru bergerak di bidang sabun. Saat itu, pabriknya diberi nama Nam Cheong

Perusahaan itu mulai berubah haluan di tahun 1988. Musim Mas masuk ke kebun kelapa sawit untuk mendukung industri hilir. Produk yang terkenal di masyakat yakni Sunco. Produk ini bahkan diekspor ke pasar internasional.

Bisnis pun kian berkembang, hingga group Musim Mas tertarik di bidang perhotelan. Kini mereka pun memiliki Hotel Mikie Holiday di Brastagi, Sumut, yang dibangun tahun 2000.

Editor : Odi Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network