10 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Jadi Pencegahan Dasar Segala Penyakit, Yuk Disimak

Kevi Laras
Cuci tangan salah satu PHBS. (Foto: Freepik)

iNewsMedan.id - Direktur Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan, dr. Prima Yosephine, MKM, menyampaikan, betapa pentingnya untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang menjadi pencegahan dasar segala penyakit.

Lantas apakah ini PHBS dapat mencegah penyakit gangguan ginjal akut pada anak yang masih misterius ini? dr. Prima menyebut meski penyebab dari gangguan ginjal akut masih misteri, namun PHBS tetap menjadi upaya preventif yang paling mendasar.

"Sampai saat ini kita masih lihat lagi penyelidikan lagi penyakit itu beragam kan. Apa pun tadi pencegahannya, ada yang generik yaitu PHBS,” ujar dr. Prima, dalam Press Conference SoKlin Antisep di Jakarta, Rabu (19/10/2022).

“PHBS itu pencegahan itu yang dasar jadi tetap. PHBS itu menyeluruh dan generik, dan tentu bisa dicegah dengan ini dan masih perlu didengar penuh lanjut untuk penyebabnya dari apa,” jelasnya.

Terkait dengan masalah gangguan ginjal akut yang tengah marak saat ini, selain jangan obat yang sembarangan, ia juga mengimbau para orang tua untuk tidak memberikan makanan sembarangan pada anak.

“Orang tua biasa buat anak diam dengan memberikan snack, ini tentu akan memperberat ginjal anak dan kalau sakit pemberian obat-obatan, secara bebas tanpa ke dokter, kalau sembarangan kita masukin (berikan) banyak akan lebih berat," tutup dr. Prima

Sebagai informasi, dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, berikut 10 indikator PHBS di dalam tingkatan rumah tangga sehari-hari;

1. Persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan.

2. Pemberian ASI eksklusif

3. Menimbang bayi dan balita secara berkala

4. Cuci tangan dengan sabun dan air bersih

5. Menggunakan air bersih 

6. Menggunakan jamban sehat 

7. Memberantas jentik nyamuk

8. Konsumsi buah dan sayur

9. Melakukan aktivitas fisik setiap hari 

10. Tidak merokok di dalam rumah

Artikel ini telah terbit di halaman Okezone dengan judul Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Pencegahan Dasar Semua Penyakit!

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network