Corporate Strategy dan Culture Salah Satu Target Mencapai Performa Unggul di PT KIM Medan

Jafar
Mahasiswa jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fisip Universitas Sumatera Utara magang di PT KIM Medan. (Foto: Istimewa).

MEDAN, iNewsMedan.id - Kesuksesan, pencapain target dan performa unggul merupakan impian tiap perusahaan, masing-masing pengelola berusaha bagaimana untuk sustainability, mencapai goal market segmentation, hingga bekerjasama dan masuk dalam pasar modal. Namun pencapaian tersebut tidak ditentukan oleh satu faktor pencapaian saja, melainkan terdiri dari beberapa faktor seperti corporate strategy dan corporate culture

"Hingga digitalisasi pun tidak terlepas dari rancangan strategi yang sudah dicanangkan melalui berbagai riset dan studi lapangan, apalagi melewati masa pandemi Covid-19 menjadi pukulan besar bagi tiap perusahaan untuk beradaptasi dan berinovasi untuk strategi bisnisnya," kata hal itu dikemukan oleh mahasiswa Administrasi Bisnis Fisip USU, Novrianda Wirayudha bersama rekannya, Eva Yohana, Firmauli Valentina, Tianggur Angelia dan Evita Paula, Sabtu (27/8/2022).

Menurut Pearce (2008:6) strategi (strategy) adalah rencana berskala besar, dengan orientasi masa depan, guna berinteraksi dengan kondisi persaingan untuk mencapai tujuan perusahaan. Strategi perusahaan merupakan tonggak utama bagi keberlangsungan bisnis perusahaan, untuk itu diperlukan peran peristiwa masa lalu, data dan bukti sebagai bahan pertimbangan untuk diinovasikan menghadapi masa jangka pendek maupun jangka panjang

Menurut Andrew J. Dubrin (2007), landasan dari setiap budaya organisasi adalah nilai-nilai. Filosofi perusahaan yang diekspresikan melalui nilai-nilai,dan nilai-nilai ini membimbing perilaku setiap hari. Nilai-nilai juga memberi kontribusi langsung terhadap suasanaetis di dalam sebuah perusahaan. budaya ini merupakan suatu yangmelekat dalam diri perusahaan yang berperan penting dalam mendorong dan meningkatkan efektivitas kerja dilingkungan perusahaan. 

kedua faktor strategy perusahaan dan budaya perusahaan merupakan suatu alat yang berkesinambungan dalam roda bisnis perusahaan, misalnya saja ketika memutuskan suatu strategi pasti dimusyawarahkan pada karyawan dan pimpinan perusahaan (artinya ada budaya musyawarah mufakat), begitupun ketika startegi tersebut diputuskan, pelaksananya adalah karyawan dan pimpinan, disini mereka akan bersama-sama untuk memajukan perusahaan dengan satu misi. 

"Kedua alat tersebut sangat menentukan arah dan keberlangsungan dari perusahaan tersebut. Maka dari itu, strategi dan budaya perusahaan merupakan dua faktor yang tidak terpisahkan untuk mencapai performa unggul perusahaan," ujar Evita Paula mahasiswi Ilmu Administrasi Bisnis Fisip USU.

Kegiatan analisis ini dilakukan untuk dapat mengetahui serta mengamati bagaimana strategi dan budaya perusahaan yang diterapkan perusahaan untuk mencapai performa unggul. 

PT. Kawasan Industri Modern (Persero) Medan merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak dibidang penyediaan dan penyewaan lahan dan gedung yang terletak di kawasan industri jln pulau batam 2 Deli Serdang, yang teah berdiri sejak 7 Oktober 1988. 

PT. KIM merupakan tempat pemusatan kegiatan industri pengolahan yang dilengkapi dengan prasarana, sarana, dan fasilitas penunjang lainnya yang disediakan dan dikelola oleh Perusahaan Kawasan Industri. 

Kawasan industri menjadi salah satu kawasan yang berkembang pesat di Indonesia. Peran kawasan industri menjadi vital bagi perkembangan ekonomi Indonesia,beberapa peran penting dari kawasan industri yakni:

Agar dapat memusatkan infrastruktur yang dibutuhkan oleh industri di dalam satu daerah, sehingga dapat mengurangi pengeluaran suatu industri. 

Infrastruktur tersebut dapat berupa jalan, rel, pelabuhan, listrik tegangan tinggi, kabel telekomunikasi, pasokan air melimpah, dan jalur pipa gas. Agar dapat menarik investasi dengan menyediakan infrastruktur terintegrasi dalam satu lokasi. Agar dapat lebih mudah memberikan insentif kepada industri. Agar dapat memisahkan industri dengan kawasan perkotaan untuk mengurangi dampak sosial dan lingkungan dari industri. Agar dapat lebih mudah mengawasi dampak industri terhadap lingkungan tersebut.

"PT. KIM merupakan perusahaan penyedia dan penyewaan terbaik di lingkungan Sumatera Utara, hal itu dibuktikan dengan kepemilikan lahan seluas 780 ha sebagai pemilik lahan tertinggi di sumatera utara dan akan terus dikembangkan dengan usaha sendiri maupun bekerjasama dengan pihak-pihak swasta yang berpengalaman dan professional dalam pembangunan kawasan industri," terang Eva Yohana mahasiswi Ilmu Administrasi Bisnis Fisip USU.

Dalam proses penjualan dan penyewaan lahan yang dilakukan perusahaan, menetapkan beberapa strategi seperti penyediaan saran dan prasarana yang mendukung kegiatan operasional mitra, sehingga ketika bekerjasama dengan PT. KIM, mitra tidak hanya memperoleh lahan semata namun sudah dengan alat pendukung operasional. 

"Dalam penyewaan dan penjualan lahan perusahaan menyediakan fasilitas listrik dan telepon, pengelolaan limbah, penyediaan air bersih yang sudah dari permukaan dan benefit lainnya seperti legalitas sehingga mempercepat penggunaan dan pengelolaan gedung oleh mitra," terang Tianggur Angelia mahasiswi Ilmu Administrasi Bisnis Fisip USU.

"Jadi ketika mitra menjual produknya ke luar kota, konsumen tidak akan ragu membeli karna mengetahui lokasi produksi berada di kawasan industri yang terjamin dari segi pengelolaan limbah dan airnya. ini merupakan benefit tersirat yang diterima mitra perusahaan PT.KIM," sambung Tianggur Angelia.

Kata, Eva Yohana,.meskipun lahan perusahaan terus berkurang karna tingginya tingkat permintaan mitra, perusahaan berusaha untuk tetap bertahan yaitu dengan mengalihkan beberapa ke bisnis baru, seperti pembuatan SPBU dikawasan industri, pembangunan plaza dan pengelolaan limbah kawasan. perusahaan juga banyak membangun kerjasama dengan perusahaan lain seperti Bank Mandiri dalam angka penanaman modal atau investasi untuk bisnis pengelolaan limbah di kawasan industri. 

"Ini merupakan bentuk strategi perusahaan untuk berusaha bertahan dan berkembangkan di tengah situasi saat ini," katanya. 

Firmauli Siregar menuturkan bahwa bisnis pengelolaan limbah kini sudah semakin berkembang pesat, bertambahnya investor yang masuk membuat perusahaan semakin yakin akan prospek pengelolaan limbah dimasa depan. Dalam proses lingkungan budaya yang diterapkan perusahaan juga sangat baik, adanya budaya kerjasama, tolong menolong dan kekeluargaan membuat hubungan sesama SDM perusahaan berjalan harmonis. 

"Hal itu dibuktikan dengan budaya saling sapa dan senyum mereka, kepada siapapun yang ditemui baik Office boy atau karyawan baru atau bahkan anak magang, semuanya itu disapa dan menuturkan senyum sehingga suasana kantornya itu adem dan nyaman," ujar mahasiswi Ilmu Administrasi Bisnis Fisip USU itu. 

Kepemimpinan pada PT. KIM juga memberikan ruang bagi para pemimpin dan karyawan untuk melakukan komunikasi secara dua arah melalui mekanisme saran dan arahan. 

"Meskipun ada struktur organisasi yang membatasi untuk berkomunikasi secara langsung, namun tetap ada prosedural yang menjadi tata tertib komunikasi perusahaan dan kondisi ini merupakan budaya yang selalu diterapkan di perusahaan ini," tambah Evita.

Editor : Jafar Sembiring

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network