Dosen USU Terapkan Aplikasi Cultivator Tingkatkan Produktivitas Hasil Pertanian

Isnaini Kharisma
Tim dosen Fakultas Pertanian USU melalui lembaga pengabdian pada masyarakat USU (LPPM USU) melakukan pengabdian masyarakat di Kecamatan Pantai Labu, Deliserdang. (Foto: Istimewa).

MEDAN, iNewsMedan.id - Tim dosen Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU) melalui lembaga pengabdian pada masyarakat USU (LPPM USU) melakukan pengabdian kepada masyarakat di Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Deliserdang, Sumut.

Ketua kegiatan, Dr Taufik Rizaldi STP MP mengatakan, pengabdian masyarakat ini bertujuan guna memperkenalkan teknologi pengolahan tanah kepada kelompok tani, khususnya lahan kering untuk komoditas hortikultura dengan menggunakan alat mesin pertanian secara mekanis yakni cultivator.

"Untuk metode yang dilaksanakan melalui ceramah dan praktek tentang bagaiamana cara pengoperasian, perawatan serta pengelolaan alat cultivator dapa membantu meningkatkan produktivitas hasil pertanian serta pendapatan petani," kata Taufik didampingi anggota kegiatan, Raju STP MSi, Lukman Adlin Harahap STP MSi dan Sulastri Pangabean STP MSi yang juga dosen Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Pertanian USU, Kamis (4/8/2022)

Taufik menjelaskan, penggunaan alat mesin pertanian tersebut dapat meningkatkan hasil pertanian melalui itensifikasi dan ekstensifikasi lahan.

Cultivator merupakan alat penyiang atau penggembur tanah khususnya untuk lahan kering. Kegiatan pengolahan tanah bertujuan untuk menciptakan kondisi tanah yang sesuai untuk pertumbuhan tanaman dengan cara menciptakan kondisi fisik, khemis dan biologis tanah yang lebih baik sampai kedalaman tertentu. 

"Untuk cara perawatan cultivator, serta mengimbau petani dari peserta yang hadir untuk merawat cultivator dengan baik. Selain dapat memperpanjang umur pakai cultivator tersebut, perawatan juga dapat menghemat biaya yang dikeluarkan karena cultivator dapat terhindar dari kerusakan yang berat," jelasnya.

Taufik menambahkan, tentang cara perhitungan biaya yang harus dikeluarkan oleh petani dalam pengoperasian cultivator. Besar harapan agar masyarakat mampu mengelola cultivator ini dengan baik dan dengan pengelolaan yang baik, petani dapat menambah unit cultivator salah satunya dengan cara menyewakan cultivator tersebut. 

Pada kesempatan tersebut tim pengabdian kepada masyarakat di desa Denai Lama menyerahkan bantuan berupa satu unit cultivator Te550ex merk Yanmar.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri beberapa kelompok tani, penyuluh dari dinas pertanian Deliserdang, tim dari PT Yanmar serta masyarakat desa Denai Lama.

Editor : Jafar Sembiring

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network