Kinerja APBN Dalam Mendukung Program Pemulihan Ekonomi di Sumut

Jafar
Plt Kakanwil DJPB Sumut, Heru P. Nugroho dalam kegiatan zoom meeting dalam rangka publikasi pelaksanaan APBN. (Foto: Istimewa).

MEDAN, iNewsMedan.id - Kementerian Keuangan Regional Provinsi Sumatera Utara menyelenggarakan Rapat dan Publikasi Assets and Liabilities Commitee (ALCo) Kemenkeu Regional Sumut pada Selasa (2/8/2022). Kegiatan ini dilakukan melalui Zoom Meeting. Hal ini merupakan kegiatan rutin dalam rangka publikasi pelaksanaan APBN terhadap pertumbuhan ekonomi di wilayah Sumatera Utara. 

Di tengah ketidakpastian global yang eskalatif, APBN hadir di tengah masyarakat untuk mendukung program pemulihan ekonomi di Sumatera Utara. Hingga Juni 2022, beberapa indikator perekonomian di Sumatera Utara seperti perkembangan harga di tingkat konsumen mengalami inflasi 1,4 persen pada Juni, di mana hal ini lebih tinggi dibandingkan periode sebelumnya 0,74 persen dengan tingkat inflasi tahunan sebesar 5,6 persen (yoy). 

Namun inflasi yang terjadi sepanjang periode ini yaitu hingga Juni 2022 masih berada dalam rentang terkendali. Range target inflasi tahun 2022 juga didukung bauran kebijakan pemerintah dalam menjaga stabilitas harga serta pasokan pangan seperti dilakukannya pasar murah yang tersebar di beberapa titik di Kota Medan

Selain itu dilakukan pula peningkatan pengawasan ketersediaan dan kelancaran distribusi barang oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). 

Dalam kinerjanya, APBN terus dijaga dalam koridor yang ekspansif dan konsolidatif agar momentum pemulihan ekonomi di Sumut tetap terjaga dengan baik. Pemerintah juga terus melakukan pengiatan di sisi penerimaan serta mengupayakan alselerasi belanja untuk menopang pertumbuhan. 

Editor : Jafar Sembiring

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network