Hampir 10 Hektar Lahan dan Hutan di Kawasan Danau Toba Terbakar

Jafar
Kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) kembali terjadi di perbukitan kawasan Danau Toba. Tepatnya, di sekitar Desa Partungko Naginjang perbatasan di Desa Hariarapintu, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir pada Minggu (31/7/2022).

"Anggota kita sudah disitu, masih saja ada (kebakaran). Saya menugaskan unit KPH (Kesatuan Pengelolaan Hutan) terdekat menurunkan anggota untuk membantu pemadam api," sambungnya. 

Herianto menuturkan, untuk proses pemadaman api tersebut, mereka menerjunkan personel dari Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) 12 dan KPH 14. Karena, lokasi kebakaran berada di Unit KPH 13. 

"Kita menurunkan anggota KPH 14 dan KPH 12 untuk membantu KPH 13," tuturnya. 

Herianto menjelaskan untuk memadamkan api kebakaran tersebut. Pihaknya mengalami kendala dengan kekurangan personel. Meski dibantu proses pemadaman api oleh TNI/Polri setempat.

"Kekurangan tenaga, ampun. Kalau kami, komponen suatu tugas bukan utama. Seharusnya, mengkordinir itu, adalah BPBD Sumut," kata Herianto.

Herianto mengakui bahwa Karhutlah sudah mencapai 10 hektar yang terbakar. Ditambah lagi, lokasi kebakaran dengan medan yang sulit, karena berada di perbukitan. 

"Iya 10 Hektar, saya sudah juga menerima laporan," tandasnya.

Editor : Ismail

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network