Mengenal 10 Kota Terkecil di Dunia, Ada yang Cuma Dihuni 30 Orang

Anton Suhartono
Kota Hum di Kroasia hanya berpenduduk 30 jiwa (Foto: Placeofjuma)

4. Saint David

Kota yang berada di Wales ini juga disebut-sebut sebagai salah satu kota terkecil di dunia secara geografis. Kota ini didirikan pada tahun 500-an. Kota menghadap ke area sekitar katedral dan biara yang didirikan St David.

Populasi St David sangat langka. Berdasarkan perkiraan saat ini, hanya 1.800 orang tinggal di kota nan indah ini. Namun bukan berarti St David kekurangan fasilitas bagi warga dan turis. Mereka bisa menikmati fasilitas kafe, restoran, hotel, serta galeri seni.

5. Hum

Populasi kota di Kroasia ini bakal membuat terkejut. Berdsarkan sensus tahun 2011, hanya 30 orang yang tinggal di Hum. Kota ini juga dicatat dalam Guinness World Record sebagai kota terkecil berdasarkan populasi.

Meski minim penduduk, Hum menawarkan beberapa tempat paling luar biasa untuk dikunjungi turis. Ada gereja dan monumen indah bagi para penggemar sejarah. Selain itu ada desa indah Kotli yang penuh dengan air terjun dan kincir air.

6. Ngerulmud

Kota ini merupakan pusat pemerintahan Republik Palau, negara kepulauan di Samudera Pasifik. Jumlah penduduknya hanay sekitar 400 orang.

Meski berpenduduk sangat minim, Palau memiliki banyak pulau yakni 346 dan Ngerulmud adalah yang paling besar. Meskipun kota penting, Ngerulmud  sangat terisolasi. Turis tidak memiliki banyak tempat untuk menjelajah.

Editor : Odi Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network