Ini Cara OPD di Pemko Medan Tangani Stunting, Mulai dari Bedah Rumah Hingga Makanan Tambahan

Ismail
Penanganan stunting saat ini menjadi fokus Wali Kota Medan Bobby Nasution, guna mengatasi permasalahan tersebut Bobby Nasution mengerahkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan termasuk Camat dan Lurah

Dijelaskan Endar Sutan Lubis, saat ini kawasan kumuh yang akan dilakukan pembenahan terhadap lingkungan tempat tinggalnya adalah yang sesuai dengan lokasi fokus (lokus) yang telah ditetapkan  Bobby Nasution melalui Surat Keputusan Wali Kota. Selain itu juga mengacu dari data-data yang diperoleh Kotaku.

"Kita punya target dalam setahun ini harus dapat mengurangi atau menghilangkan kawasan kumuh rata-rata seluas 160 hektar. Salah satu lokasi yang telah kita lakukan program bedah rumah adalah di Kelurahan Bagan Deli, Medan Belawan. Setelah kita bedah lingkungan tempat tinggalnya tersebut menjadi lebih sehat dan layak," Jelas Endar Sutan Lubis.

 Endar menambahkan, pilot project kedepannya Dinas PKP2R  adalah bedah rumah sebanyak 300 rumah diantaranya juga akan membuat konsep rumah panggung khususnya di Kelurahan Belawan Bahagia. Sebab di kawasan ini angka stuntingnya cukup tinggi. Selain itu bedah rumah juga akan dilakukan di tempat - tempat yang konsentrasi angka stuntingnya tinggi.

"Agar penanganan Stunting lebih maksimal sesuai arahan Pak Bobby Nasution, kebijakan dalam program bedah rumah kita rubah. Artinya rumah yang dibedah tidak lagi sebagian, namun pembenahan rumah akan dilakukan mulai dari dasar atau keseluruhan rumahnya," Sebut Endar Sutan Lubis.

Endar pun meminta agar tidak terjadi kendala dalam program bedah rumah ini, diharapkan masyarakat yang rumahnya ingin dibedah agar dapat memastikan bahwa tanah dan rumah tersebut milik sendiri. Sebab permasalahan sering terjadi ketika rumahnya akan dibedah ternyata rumahnya bukan milik sendiri atau menyewa.

"Kendala yang kita hadapi adalah jika terdapat suatu kawasan tinggi angka stuntingnya, namun ketika akan kita lakukan bedah rumah ternyata rata- rata rumah sewa, sehingga tidak dapat kita lakukan bedah rumah," Ungkap Endar Sutan Lubis.

Editor : Ismail

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network