get app
inews
Aa Read Next : Pelajar di Deliserdang Meninggal usai Dihukum Guru, Keluarga Tuntut Keadilan

Tarekat Naqsabandiyah Sumut Lebaran 1 Mei 2022

Jum'at, 29 April 2022 | 11:01 WIB
header img
Ilustrasi

MEDAN, iNews.id- Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah di Sumatera Utara menetapkan Idul Fitri 1443 Hijriyah bertepatan pada Minggu tanggal 1 Mei 2022. Shalat Id akan digelar di masing-masing rumah persulukan milik tarekat ini yang sudah tersebar di sejumlah wilayah di Sumatera Utara.

"Idul Fitri (Tarekat Naqsabandiyah) bertepatan tanggal 1 Mei 2022," sebut jemaah Naqsabandiyah, Syekh Muda Markum, Jum'at (29/4).

Dia juga menjelaskan tahun ini, Tarekat Naqsabandiyah berpuasa selama 30 hari karena sebelumnya mereka sudah terlebih dahulu berpuasa pada tanggal 1 April 2022.

"Jadi kalau tanggl 30 (April) nanti pas 30 hari puasa, tanggal 1 (Mei) nya 1 Syawal," terangnya.

Syekh Muda Markum mengatakan penetapan awal Syawal itu ditetapkan berdasarkan hisab Qamariyah yang dilakukan di Bandar Tinggi, Kabupaten Simalungun, Sumut. 

"Perayaan Idul Fitri sepert biasa melaksanakan Salat Id di rumah ibadah suluk di Bandar Tinggi, Simalungun. Tentu di Medan juga kita buat di rumah suluk di Desa Marendal 1 di Deli Serdang," terangnya.

Dia juga mengatakan kemungkinan jemaah salat id ini akan membludak pascapelonggaran yang diberikan oleh pemerintah.
 
"Tidak seperti tahun lalu sekarang sudah ada pelonggaran, jadi jumlahnya jemaah salatnya lebih banyak. Kita tetap memperhatikan protokol kesehatan dari pemerintah seperti menggunakan masker,"pungkas Syekh Muda Markum seraya menyebutkan saat ini jumlah jemaah Tarekat Naqsabandiyah sudah mencapai ribuan orang yang tersebar di Sumatera Utara.
 

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut