get app
inews
Aa Read Next : Beri Bantuan Kepada KRS, Wali Kota Medan Harapkan Pertumbuhan Generasi Muda Semakin Baik

900 Orang Sudah Daftar Mudik Gratis Digelar Pemko Medan

Kamis, 21 April 2022 | 19:45 WIB
header img
Pemko Medan memfasilitasi mudik gratis untuk masyarakat Kota Medan yang pulang kampung pada lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah mendatang. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemko) Medan ikut memfasilitasi masyarakat Sumatera Utara yang akan mudik ke kampung halamannya saat lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah secara gratis. Di mana, sejak pendaftaran dibuka pada Rabu, 20 April 2022 lalu,  warga tampak antusias untuk mengikuti program tersebut. 

Kepala Seksi Pengendalian dan Penertiban Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Medan, Martin Tampubolon, menjelaskan bahwa sejak pendaftaran dibuka, warga yang sudah mendaftarkan diri kurang lebih mencapai 900 orang hingga hari ini. 

"Dua hari setelah dibuka antusias warga cukup tinggi. Hingga sekarang sudah 900an orang. Tujuan pemudik yang difasilitasi hanya di dalam Sumatera Utara saja," kata Martin saat ditemui di tempat registrasi mudik gratis di lokasi Lapangan Merdeka Medan, Kamis (21/4/2022). 

Martin menambahkan, para pemudik akan dibawa menggunakan bus yang telah disediakan. Di mana,  keberangkatan pertama dari Lapangan Merdeka pada tanggal 29 April 2022 mendatang. Ia juga menyampaikan, setelah hari kedua akan dilakukan evaluasi untuk membicarakan persoalan kuota pemudik dan lain-lainnya demi kelancaran.

Martin menyebut, persyaratan untuk ikut mudik gratis, membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan sudah vaksinasi. Kemudian, sambung Martin, setelah masa pendaftaran berakhir pada 25 April, akan dilakukan juga daftar ulang pada 27 April, termasuk soal kelengkapan vaksinasi. 

"Kita juga mengimbau, warga yang nantinya akan berangkat tetap menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan," sebutnya. 

Perlu diketahui, Jadwal Keberangkatan dimulai pada tanggal 29, 30 April dan 1 Mei 2022. Adapun rute perjalanan mudik gratis tersebut, yakni: 

1. Medan-Rantau Parapat- Kota Pinang- Gunung Tua- Palas- Sibuhuan 

2. Medan- Parapat- Sipirok- Sidempuan- Panyabungan- Natal 

3. Medan- Tarutung- Sibolga- Panyabungan 

4. Medan- Sidikalang- Pakpak Bharat

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut