Airin Rico Waas: UMKM Adalah Tulang Punggung Ekonomi, Branding Kunci Bersaing di Pasar Global

MEDAN, iNewsMedan.id - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Medan, Airin Rico Waas, mengajak para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk demi bersaing di pasar global. Salah satu kunci utamanya adalah melalui penguatan branding produk.
Pernyataan ini disampaikan Airin saat menghadiri kegiatan “Penguatan Kapasitas Pengguna Riset dan Inovasi Pelatihan Branding UMKM” di Hotel Grand Kanaya, Jumat (19/9/2025). Acara yang digagas Komisi X DPR RI bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) ini turut dihadiri oleh Anggota DPR RI Lestari Moerdijat.
Dalam sambutannya, Airin menekankan peran vital UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Kota Medan. “Lebih dari 90% pelaku usaha kita adalah UMKM yang berkontribusi besar terhadap penciptaan lapangan kerja dan penggerak roda ekonomi lokal,” jelasnya.
Menurut Airin, kualitas produk saja tidak cukup di era persaingan ketat saat ini. UMKM dituntut untuk memiliki strategi branding yang efektif agar produk dikenal, dipercaya, dan dipilih oleh konsumen, baik di pasar lokal, nasional, maupun internasional.
“Branding bukan sekadar nama atau logo, melainkan identitas, citra, dan nilai yang melekat pada produk maupun usaha kita,” tegasnya.
Editor : Jafar Sembiring