get app
inews
Aa Text
Read Next : PLN Setor Rp65,59 Triliun ke Negara Sepanjang 2024

PLN Edukasi Petani Bahaya Listrik Saat Panen Sawit

Kamis, 26 Juni 2025 | 20:08 WIB
header img
Pelaksanaan Sosialisasi Keamaan saat bekerja di perkebunan PTPN IV Regional I Kebun Sei Putih. (Ist)

DELISERDANG, iNewsMedan.id- PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Lubuk Pakam memberikan edukasi keselamatan ketenagalistrikan bagi para pemanen sawit di kawasan PTPN IV Regional I Kebun Sei Putih dan sejumlah titik kerja lain di wilayah UP3 Rantauprapat. Edukasi ini digelar untuk menekan risiko kecelakaan kerja akibat interaksi dengan jaringan listrik saat panen, khususnya saat penggunaan alat bertangkai panjang yang rawan menyentuh kabel bertegangan tinggi.

Kegiatan yang mengusung tema "Selamat Panen, Selamat dari Bahaya Listrik!" ini menjadi bentuk sinergi PLN dan PTPN dalam membangun lingkungan kerja yang aman dan berkelanjutan, seiring meningkatnya kesadaran pentingnya keselamatan di sektor perkebunan.

General Manager PLN UID Sumatera Utara, Ahmad Syauki, menyampaikan bahwa kegiatan panen seringkali dianggap sepele, namun jika tidak dilakukan dengan memahami risiko kelistrikan, bisa berakibat fatal.

“Hal-hal yang terlihat sepele namun dilakukan berulang kali, seperti kegiatan panen, bisa menjadi celah bahaya jika tidak disertai dengan pemahaman keselamatan yang tepat. Untuk itu, kami hadir memberikan edukasi dan pengingat agar setiap langkah pekerjaan dilakukan dengan memastikan keselamatan diri dan lingkungan sekitar,” ujar Syauki.

Dalam kegiatan ini, para pekerja diberi pemahaman tentang pentingnya menjaga jarak aman dari jaringan listrik, menghindari penggunaan alat logam yang panjang di sekitar kabel, serta mengenali kondisi berbahaya seperti kabel yang menggantung rendah, pohon menyentuh kabel, hingga tiang listrik yang tidak stabil. Langkah-langkah darurat jika terjadi insiden kelistrikan juga disampaikan secara langsung.

Selain itu, PLN turut mengenalkan Aplikasi PLN Mobile sebagai solusi digital bagi pelanggan dalam mengakses berbagai layanan, seperti pelaporan gangguan, pengecekan tagihan, hingga pembelian token listrik prabayar.

Manajer PLN UP3 Lubuk Pakam, M. Harryadi Poel, menegaskan bahwa keselamatan kerja dan kemudahan layanan merupakan dua pilar penting dalam pelayanan PLN saat ini.

“Keselamatan adalah prioritas utama kami, dan kemudahan layanan melalui PLN Mobile menjadi bagian dari transformasi layanan PLN yang berorientasi pada kenyamanan pelanggan, termasuk pekerja di sektor perkebunan,” ujarnya.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut