get app
inews
Aa Read Next : Inilah Orang yang Keluar dari Neraka dan Menjadi Penghuni Surga yang Terakhir

Masuk Surga Siapa Saja Orang yang Terakhir, Inilah Mereka?

Jum'at, 11 Maret 2022 | 15:59 WIB
header img
Masuk surga nah siapa saja orang yang terakhir masuk surga? (Foto: Ilustrasi/Siegfried

MASUK surga nah siapa saja orang yang terakhir masuk surga? Terdapat beberapa hadis shahih yang menyatakan tentang adanya orang yang masuk surga terakhir.

Hanya saja dalam hadis itu sama sekali tidak disebutkan nama orangnya. Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah dalam buku 'Surga yang Allah Janjikan' menyebutkan beberapa hadis tentang orang yang terakhir masuk surga ini, di antaranya:

Dalam shahih Muslim dan Bukhari disebutkan adanya Hadis Mansur dari Ibrahim, dari Ubaidah, dari Abdullah ibn Mas’ud yang mengatakan Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda, “Saya tahu penghuni neraka yang akhirnya keluar dari neraka, dan penghuni surga yang terakhir memasuki surga. Dia adalah orang yang keluar dari neraka secara melata. Allah berfirman kepadanya, ‘Pergilah! Masuklah ke surga!’

Dia pun mendatangi surga dan melihatnya telah penuh, maka dia Kembali sambil mengadu, “Ya Allah! Surga telah penuh,” Allah berfirman, “Pergilah! Masuklah ke dalam surga! engkau akan memiliki hal yang serupa di dunia, seperti keluarga. Namun yang disurga sepuluh kali lipat lebih baik.”

Orang tadi bilang, “Apakah kamu mengolok-olok saya dan menertawakan saya lantaran kamu Sang Raja di Raja?” Saya melihat Rasulullah tertawa hingga gusinya terlihat . Rasulullah bersabda, “Perkataan itu muncul dari penghuni surga tingkatan rendah.” (HR. Bukhari, Muslim dan Tirmidzi).

Dalam redaksi lain, ada hadis dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

'Sungguh saya tahu orang paling akhir masuk surga dan penduduk neraka yang paling terakhir keluar neraka. Dia adalah orang yang didatangkan pada hari kiamat, kemudian malaikat diperintahkan, ‘Tunjukkan dosa-dosa kecil kepadanya, dan sembunyikan dosa-dosa besarnya.’

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut