MEDAN, iNewsMedan.id – Pemerintah Kota Medan resmi meluncurkan layanan bus listrik berbasis skema Buy The Service (BTS), sebagai bagian dari inisiatif transportasi ramah lingkungan, Selasa (2/11). Layanan ini dioperasikan oleh PT Big Bird Pusaka (Bigbird), anak usaha Bluebird Group, yang sebelumnya telah sukses menerapkan skema serupa di Bandung, Padang, dan Ibu Kota Nusantara (IKN).
Kehadiran bus listrik ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan sekaligus mendukung mobilitas berkelanjutan di Medan, salah satu kota terbesar di Indonesia. Dengan pertumbuhan jumlah penduduk yang pesat, layanan transportasi publik terintegrasi menjadi kebutuhan mendesak untuk menghubungkan berbagai titik strategis di kota ini.
Walikota Medan, Bobby Nasution, menyatakan antusiasmenya atas peluncuran ini. “Ini adalah BRT pertama di Indonesia yang 100% menggunakan bus listrik. Inisiatif ini tidak hanya mendorong masyarakat untuk beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi publik, tetapi juga membawa misi besar untuk menjaga kelestarian lingkungan. Kami berterima kasih atas dukungan semua pihak, khususnya Bigbird sebagai operator layanan ini. Harapannya, Medan bisa menjadi percontohan bagi sistem transportasi ramah lingkungan di Indonesia,” ujar Bobby.
Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Adrianto Djokosoetono, turut menyampaikan apresiasinya atas kepercayaan yang diberikan oleh Pemkot Medan kepada Bluebird Group. “Kehadiran armada Bigbird di Medan adalah wujud nyata komitmen kami dalam mendukung kebutuhan mobilitas masyarakat melalui Standar Nyaman Indonesia (SNI). Langkah ini juga melanjutkan visi Bluebird untuk memperkuat layanan BRT di berbagai wilayah,” jelas Andre.
Bluebird Group, yang telah dikenal sebagai penyedia transportasi berkualitas selama lebih dari 52 tahun, terus menunjukkan komitmennya terhadap keberlanjutan melalui pilar BlueSky 50:30. Pilar ini menargetkan pengurangan emisi hingga 50% pada 2030. “Dengan kehadiran bus listrik ini, kami berharap dapat memberikan dampak positif yang lebih besar untuk lingkungan, khususnya di Medan, dan menginspirasi kota-kota lain di Indonesia,” tambahnya.
Sejak tahun 2010, Bluebird Group telah menjadi bagian dari solusi mobilitas masyarakat Medan melalui berbagai layanannya, seperti Bluebird (taksi), Goldenbird (sewa mobil), dan Bigbird (sewa bus). Dengan standar layanan terbaik, Bluebird Group berkomitmen menjadikan setiap perjalanan tidak hanya sebagai perpindahan fisik, tetapi juga pengalaman yang bermakna dan menyenangkan.
Editor : Ismail