Padahal, merek Smartphone China seperti Oppo dan Xiaomi telah menguasai pasar Indonesia (pangsa pasar 45%), mengungguli merek Smartphone Korea Selatan Samsung. Sementara konfrontasi Indonesia dengan pemerintah China tentang Uighur dapat merusak hubungan bilateral kedua negara.
Jepang
Indonesia merupakan salah satu negara jajahan Jepang dalam Perang Dunia II. Sejak berakhirnya Perang Dunia II, Jepang dan Indonesia merayakan perjanjian damai bersejarah pada tahun 1958 yang memulihkan hubungan bilateral antara kedua negara.
Sementara itu Susilo Bambang Yudhoyono (Presiden keenam Indonesia) boleh disebut sebagai tokoh sentral yang membuat hubungan bilateral ini semakin erat dari sebelumnya, terutama dalam dimensi ekonomi dan budaya.
Kedutaan Besar Jepang di Indonesia telah mengkonfirmasi di situs webnya bahwa Susilo Bambang Yudhoyono adalah orang yang membangun forum kerjasama investasi yang disebut IJEPA (Perjanjian Kemitraan Ekonomi Indonesia-Jepang).
Saat ini, Jepang merupakan investor terbesar ketiga di Indonesia (US$4,3 miliar) dan mitra dagang terbesar ketiga Indonesia (US$31,66 miliar). Merek otomotif Jepang memainkan peran penting dalam perjanjian bilateral diplomatik ini.
Menurut Indonesia Investments (2017), lima merek otomotif Jepang (Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi, dan Suzuki) telah mendominasi 90% pasar penjualan Indonesia pada tahun 2017. Apalagi budaya Jepang diterima secara luas oleh jutaan masyarakat Indonesia, terutama anak muda. Animasi atau anime Jepang adalah salah satu favorit Indonesia selain seni bela diri Jepang dan adat istiadat tradisional Jepang.
Singapura menandatangani persahabatan diplomatik yang lama dengan Indonesia setelah kunjungan terakhir Presiden Singapura, Halimah Yacob dengan Presiden Indonesia saat ini, Joko Widodo di Bogor, Februari 2020. Ikatan antara Singapura-Indonesia ditandai dengan kerja sama ekonomi bilateral yang kuat.
Singapura adalah mitra dagang terbesar ketiga Indonesia (US$30,51 miliar) dan investor terbesar di Indonesia (US$6,5 miliar).
Apalagi menurut World Travel & Tourism Council (2020), Indonesia merupakan pengunjung terbesar kedua di Singapura (17% dari total pengunjung), di belakang China (21% dari total pengunjung).
Editor : Chris