get app
inews
Aa Read Next : Inilah 9 Waktu yang Disunnahkan untuk Berwudhu, Nomor 5 Sebelum Mandi Besar

Wudhu di Kamar Mandi Baca Bismillah, Bagaimana Hukumnya?

Selasa, 08 Maret 2022 | 12:42 WIB
header img
Wudhu di kamar mandi dengan didahului membaca Bismillah apakah diperbolehkan atau dilarang?  Hal seperti ini patut diketahui Muslim. (Foto: Freepik)

WUDHU di kamar mandi dengan didahului membaca Bismillah apakah diperbolehkan atau dilarang?  Hal seperti ini patut diketahui Muslim.

Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal MSc menerangkan kaum Muslimin tidak boleh menyebut nama Allah Subhanahu wa ta'ala ketika berada di kamar mandi. Lantas, bagaimana saat wudhu.

Berdasarkan fatwa Syekh Muhammad bin Sholeh Al Utsaimin dalam Fatawal Aqidah wa Arkanil Islam, soal nomor 519, beliau rahimahullah pernah ditanya: Apabila seseorang berada di kamar mandi, bagaimana dia membaca Bismillah?

Syekh rahimahullah menjawab: Apabila seseorang berada di kamar mandi, maka dia cukup membaca Bismillah dalam hati dan tidak perlu diucapkan dalam lisan. Alasannya, karena hadis yang menerangkan wajibnya membaca Bismillah (sebelum wudhu) tidaklah kuat.

Sebagaimana Imam Ahmad mengatakan, bacaan Bismillah ketika wudhu tidaklah shahih sama sekali dari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut