get app
inews
Aa Read Next : Dapat Nomor 1, Rico Waas: Insya Allah Tetap Jadi yang Pertama

Edy Rahmayadi dan Bobby Nasution Hadiri Deklarasi Kampanye Damai, Ini Pesan Kedua Paslon

Selasa, 24 September 2024 | 18:10 WIB
header img
Edy Rahmayadi dan Bobby Nasution Hadiri Deklarasi Kampanye Damai, Ini Pesan Kedua Paslon. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut nomor urut 1, Bobby Nasution-Surya bersama paslon nomor urut 2, Edy Rahmayadi-Hasan Basari Sagala, menghadiri deklarasi kampanye damai Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut Tahun 2024 yang digelar oleh KPU Sumut di Lapangan Benteng, Kota Medan, Selasa (24/9/2024).

Dalam kegiatan tersebut, Ketua KPU Sumut, Agus Arifin, memimpin ikrar deklarasi kampanye damai. Hal itu turut diikuti kedua paslon Gubernur dan Wakil Gubernur bersama masing-masing partai politik pengusung serta para pendukung.

"Satu, kami calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, partai politik pengusung serta tim kampanye berjanji mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia jujur dan adil," ujar Agus diikuti kedua paslon.

"Dua, melaksanakan kampanye Pemilihan yang aman, tertib dan damai, berintegritas tanpa hoax, tanpa politisasi SARA, dan tanpa politik uang. Ketiga melaksanakan kampanye pemilihan berdasarkan Perundang-undangan yang berlaku," sambung Agus.

Usai acara deklarasi kampanye damai, Agus mengimbau kedua paslon agar mengikuti semua aturan yang telah ditetapkan KPU selama tahapan kampanye. Hal itu terhitung sejak 25 September hingga 23 November 2024.

"Semua materi kampanye sudah diatur, untuk masing-masing paslon. Bahkan, tidak boleh merusak alat praga kampanye masing-masing paslon. Tidak boleh memasang alat praga kampanye di gedung pendidikan, pemerintah, dan tempat ibadah," kata Agus.

Calon Gubernur Sumut nomor urut 2, Edy Rahmayadi berharap deklarasi kampanye damai yang telah diucapkan dan ditandatangani benar-benar terwujud dengan baik selama pelaksanaa Pilkada 2024.

"Ada satu kata-kata yang disampaikan Pj Gubernur Sumut, aman dan damai. Tak akan damai, kalau tidak jurdil. Tapi ditekankan oleh Ketua KPU, harus jujur dan adil. Sehingga rakyat bebas memilih, semoga, dengan rakyat memilih, mana pemimpin yang pantas, yang pantas memimpin Sumatera Utara," ujar Edy.

Mantan Pangkostrad itu akan menjalani kampanye perdananya di kawasan Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) Sumut.

Sementara itu, Calon Gubernur Sumut nomor urut 1, Bobby Nasution mengajak seluruh pihak tidak menyebarkan fitnah dan hoaks selama kampanye berlangsung di Sumut. Menurutnya, Pilkada Sumut ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk belajar politik.

"Kita sepakat tidak saling memfitnah, tidak saling menyebar hoaks, sehingga Pilkada ini menjadi tempat belajarnya masyarakat untuk berpolitik. Kita sebagai paslon dan pendukung, jangan fitnah dan lain-lain mengajar yang buruk," terang Bobby.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut