get app
inews
Aa Read Next : Asri Ludin Perhatikan Peran Penting Bidan dalam Pelayanan Kesehatan

Hadiri Pesta Olob-Olob di GKPS Suka Mulia, Asri Ludin Tambunan Didukung Masyarakat Simalungun

Senin, 09 September 2024 | 16:39 WIB
header img
Hadiri Pesta Olob-Olob di GKPS Suka Mulia, Asri Ludin Tambunan Didukung Masyarakat Simalungun. (Foto: Istimewa)

DELISERDANG, iNewsMedan.id - Bakal Calon Bupati Deliserdang, Asri Ludin Tambunan menghadiri Pesta Olob-Olob 121 Tahun Ambilan Namadear I Simalungun (2 September 1903-2 September 2024) di GKPS Suka Mulia Resort Medan Timur, Desa Pematang Johar, Deliserdang, Minggu (8/9/2024).

Dalam kesempatan itu, Asri Ludin Tambunan (dr Aci) yang hadir  bersama istri dipakaikan Gotong dan Bulang (aksesoris dari pakaian adat Simalungun yang berfungsi sebagai penutup kepala khusus) serta ulos Simalungun / hiou yang merupakan budaya etnis Simalungun.

Pimpinan Jemaat GKPS Suka Mulia Resort Medan Timur, Sintua Ebenezer Saragih menjelaskan, pihaknya sangat senang dengan kedatangan dr Aci disana. Mereka memakaikan Gotong dan Bulang kepada dr Aci dan istri sebagai penghormatan.

“Di adat Simalungun seperti itu, kalau ada tamu yang dipertuankan atau pemimpin, selalu kita hormati dengan memberikan Gotong dan Bulang. Memang biasa diberikan ke pemimpin-pemimpin. Selain itu, kita juga tabalkan marga Sipayung kepada dr Aci,” tukasnya.

Ia menyebut, seluruh warga Simalungun yang berada di Desa Pematang Johar siap mendukung dan memenangkan Pasangan Asri Ludin Tambunan-Lom Lom Suwondo pada Pilkada Deliserdang 27 November mendatang.

“Kami mendukung penuh dan siap memenangkan dr Aci dan Lom-Lom Suwondo. Kami harap dengan adanya dukungan dari warga Simalungun, dr Aci bisa menjadi bapak semua umat, bapak semua agama, dan bapak semua suku yang ada di Deliserdang. Kami yakin  Deliserdang akan menjadi kabupaten yang lebih baik dan maju lagi di bawah kepemimpinan dr Aci bersama Lom-Lom,” pungkasnya.

Sementara, dr Aci menuturkan, ia sangat terharu dan senang disambut sedemikian rupa oleh warga Simalungun yang tinggal disana. Ia juga berterimakasih atas dukungan penuh yang diberikan kepadanya.

“Ini menunjukkan bahwa saya diterima oleh masyarakat Simalungun. Apalagi tadi saya ditabalkan marga Sipayung. Saya ucapkan terima kasih. Saya berjanji akan mengupayakan insentif bagi para guru sekolah minggu ke depannya,” ucapnya.

Menurutnya, pemberian insentif kepada guru-guru sekolah minggu  merupakan kewajiban yang harus diberikan oleh Pemerintah Kabupaten. Guru-guru tersebut harus diapresiasi, karena pendidikan agama penting sebagai penopang untuk menjaga generasi muda agar tidak jatuh ke budaya luar.

“Saya mau setiap agama di Deliserdang bisa menunjukkan jati diri dan itu akan didukung Pemerintah Kabupaten Deliserdang. Dengan dukungan pemerintah terhadap harmonisasi agama membuat kegiatan keagamaan menjadi lebih baik ke depan. Harapannya dapat membuat generasi muda menjadi orang yang lebih baik dan tidak terjerumus kepada kegiatan yang negatif,” tandasnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut