get app
inews
Aa Read Next : Rico Waas Jelajah Kota untuk Melihat Kondisi Daerah dan Masyarakat

Asri Ludin Tambunan-Lom Lom Suwondo Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RSUP H Adam Malik

Jum'at, 30 Agustus 2024 | 21:03 WIB
header img
Asri Ludin Tambunan-Lom Lom Suwondo Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RSUP H Adam Malik. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Deliserdang, Asri Ludin Tambunan-Lom Lom Suwondo menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUP H Adam Malik, Jalan Bunga Lau, Medan Tuntungan, Jumat (30/8/2024). 

Pasangan ini tiba di RSUP H Adam Malik sekitar pukul 07.15 WIB dan langsung melakukan registrasi pemeriksaan kesehatan. Ketua KPU Deliserdang, Relis Yanthy Panjaitan beserta jajaran juga turut hadir di sana.

Direktur Utama RSUP H Adam Malik, dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K), menjelaskan bahwa pemeriksaan tahun ini berbeda dan lebih lengkap dibandingkan Pilkada sebelumnya. Sehingga waktu yang dibutuhkan lebih panjang yakni satu hari penuh. Jika calon tidak sanggup, maka akan dilakukan selama dua hari. 

“Pemeriksaan kesehatan tahun ini lebih komprehensif, dengan penambahan tes seperti Magnetic Resonance Imaging (MRI) dan Elektromiografi (EMG). Tim medis yang terlibat dalam pemeriksaan ini terdiri dari 57 dokter spesialis dan sub-spesialis, serta total 153 anggota tim termasuk perawat dan analis,” terangnya.

Ia menyebutkan bahwa pihaknya bekerja sama dengan RS Putri Hijau jika jumlah pasien di satu hari sangat banyak, namun semua proses tetap dikelola oleh RSUP H Adam Malik.

Pihaknya berkomitmen untuk bersikap netral dan profesional dalam proses tersebut, membantu KPU dalam memastikan bahwa setiap calon yang maju memenuhi syarat kesehatan yang ditetapkan. 

“Kami selalu bekerja sama dengan baik dengan KPU setiap lima tahun sekali dan tahun ini kami juga siap untuk melaksanakan tugas ini dengan penuh tanggung jawab. Pemeriksaan kesehatan ini dijadwalkan berlangsung hingga 2 September 2024, dengan hasil pemeriksaan yang akan diserahkan kepada KPU pada 3 September 2024,” katanya.

Ia menambahkan, untuk hari ini ada 14 pasangan (28 orang) calon yang melakukan pemeriksaan kesehatan. Dengan rincian, 1 pasang calon gubernur dan wakil gubernur serta 7 calon kepala daerah kabupaten/kota. 

Terpantau, pukul 17.45 WIB, Asri Ludin Tambunan keluar dari gedung rumah sakit seorang diri. Pasangan Asri, Lom Lom Suwondo terlihat tidak ikut keluar karena pemeriksaan kesehatannya belum selesai. 

Ditanyai saat keluar dari gedung rumah sakit, Bakal Calon Bupati Deliserdang, Asri Ludin Tambunan menyampaikan bahwa selama pemeriksaan kesehatan berlangsung, ia sama sekali tidak gugup bahkan cenderung santai. 

“Tadi di dalam banyak yang diperiksa, mulai dari pemeriksaan darah, pemeriksaan thorax, paru-paru, pernafasan, cek ketahanan tulang, MRI, cek kesehatan mata, pendengaran, tes konsentrasi dan pemeriksaan fisik. Saya harap dengan tes seperti ini, akan melahirkan pimpinan bangsa, khususnya pimpinan Deliserdang yang sehat dan mampu melayani masyarakat,” jelasnya. 

Ia mengaku, tidak ada persiapan khusus yang dilakukan sebelum pemeriksaan kesehatan karena ia sering berolahraga dan selama ini selalu menjaga pola hidup sehat. Hasil pemeriksaan kesehatan itu, kata dia, akan segera dikirimkan pihak rumah sakit ke KPU jika sudah selesai semua. 

“Saya rasa ini tidak menjadi suatu kekhawatiran. Di dalam tadi saya juga santai saja. Harapannya, hasil pemeriksaan kesehatan ini baik dan tidak menjadi ganjalan untuk pasangan Asri-Lom Lom hingga 22 September 2024 nanti saat penetapan pasangan calon,” pungkasnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut