get app
inews
Aa Read Next : Dinas Damkarmat Medan Edukasi Anak-Anak Cara Menangani Kebakaran

KPw BI Sumut Memperkenalkan Nilai-Nilai Kebangsaan Melalui EXPo Rupiah Medan 2024

Rabu, 21 Agustus 2024 | 15:16 WIB
header img
KPw BI Sumut Memperkenalkan Nilai-Nilai Kebangsaan Melalui EXPo Rupiah Medan 2024. (Foto: Odi Siregar/iNewsMedan.id)

MEDAN, iNewsMedan.id - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara (KPw BI Sumut) resmi membuka EXPo Rupiah Medan 2024 di Sun Plaza, Kota Medan, Selasa (20/8/2024). Perhelatan dengan tema “Rupiah dan Cinta Tanah Air” ini berlangsung pada 20-25 Agustus 2024.

Kepala KPw BI Sumut, IGP Wira Kusuma, mengatakan EXPo Rupiah bukan sebuah singkatan dari exposition (pameran), namun kata EXPo Rupiah merupakan singkatan dari Education, Experience and Performance of Rupiah Medan 2024.

Pertama, Education of Rupiah adalah meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap Rupiah melalui edukasi dan sosialisasi agar mengenal, mencintai dan merawat Rupiah.

Kedua, Experience of Rupiah adalah menumbuhkan semangat kebangsaan dan rasa bangga menggunakan Rupiah sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ketiga, Performance of Rupiah bertujuan untuk memberikan pemahaman akan peran dan fungsi Rupiah dalam peredaran uang dan stabilitas ekonomi dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI.

"Hal ini mencerminkan komitmen Bank Indonesia untuk terus memperkenalkan nilai-nilai kebangsaan melalui visualisasi sejarah dan kekayaan bangsa melalui kehadiran pahlawan nasional, keindahan alam, tari nusantara, serta ornamen kekayaan dan budaya Indonesia dalam desain Rupiah," jelas IGP Wira Kusuma.

KPw BI Sumut terus berkomitmen memperkuat Cinta, Bangga, dan Paham terhadap Rupiah sebagai salah satu buah kemerdekaan yang diperjuangkan para pahlawan bangsa. Berikut tiga alasannya:

1. Rupiah adalah mata uang simbol kedaulatan negara, yang harus dijaga dan dibanggakan oleh seluruh warga negara Indonesia.

2. Rupiah menunjukkan identitas dan simbol negara, yang memuat gambar lambang negara Garuda Pancasila dan frasa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

3. Rupiah adalah jendela Indonesia, dimana melalui desain uang Rupiah kita bisa melihat perjalanan sejarah bangsa, serta keragaman budaya dan kekayaan Indonesia.

Adapun perwujudan dari Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah yaitu:

1. Cinta Rupiah, dengan mengenali karakteristik dan desain Rupiah, memperlakukan Rupiah secara tepat, dan menjaga Rupiah dari kejahatan uang palsu, (mengenali, merawat, dan menjaga Rupiah).

2. Bangga Rupiah, dengan menggunakan Rupiah sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah di Indonesia, simbol kedaulatan NKRI, dan alat pemersatu bangsa.

"Paham Rupiah, dengan memahami peran Rupiah dalam peredaran uang, stabilitas ekonomi, dan fungsinya sebagai alat penyimpan nilai kemampuan, (atau menggunakan uang Rupiah untuk bertransaksi hanya dengan Rupiah, berbelanja bijak, dan berhemat)," terang IGP Wira Kusuma.

Sebagai informasi, rangkaian EXPo Rupiah Medan 2024 meliputi sosialisasi dan edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah, Pameran Museum Bank Indonesia (MUBI), showcasing produk UMKM dan kerajinan binaan KPw BI Sumut, parodi Cinta Bangga Paham Rupiah, talkshow Rupiah Ambassador Indonesia, talkshow pemberantasan uang palsu, workshop fotografi, hiburan musik, serta perlombaan untuk berbagai kalangan usia mulai dari anak TK hingga profesional.

Turut hadir dalam acara pembukaan EXPo Rupiah Medan 2024, Kepala Bidang Guru dan Tenaga Pengajar Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Yeddi Efendi Sipayung, Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Medan, Bambang Sudewo, dan Kasubdit Reskrim Polda Sumut, AKBP Syahirul A Rambe, Perwaklian dari Guru Penyusun Modul Ajar Cinta Bangga Paham Rupiah tingkat SMA, dan pimpinan-pimpinan perbankan dari Badan Musyawarah Perbankan Daerah Provinsi Sumatera Utara.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut