get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi MPox di Medan, Dinkes Sosialisasi Lewat Puskesmas 

Dinkes Sumut Siaga Hadapi Ancaman M-Pox, Fokus pada Kelompok Berisiko Tinggi

Rabu, 21 Agustus 2024 | 09:20 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Okezone)

MEDAN, iNewsMedan.id- Dalam upaya menghadapi potensi penyebaran penyakit M-Pox (sebelumnya dikenal sebagai monkeypox), Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) telah menyiapkan serangkaian langkah antisipasi untuk meminimalisir risiko penyebaran serta memastikan respons yang cepat dan tepat jika kasus ditemukan di wilayah ini.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Basarin Yunus Tanjung, menyatakan bahwa hingga saat ini belum ada kasus M-Pox yang terdeteksi di Sumut. Meskipun demikian, pihaknya terus memantau situasi dan bersiap menghadapi kemungkinan terburuk.

"Kami terus memantau perkembangan informasi terkait M-Pox melalui situs resmi Kementerian Kesehatan. Selain itu, kami telah menerapkan langkah preventif, deteksi, dan respon yang sesuai dengan Pedoman Pencegahan dan Pengendalian M-Pox," ujar Basarin pada Selasa (20/8).

Dinas Kesehatan Sumut juga telah mengaktifkan sistem pemantauan kasus melalui laporan Event-Based Surveillance (EBS) di aplikasi SKDR dan PHEOC. Jika ada laporan yang sesuai dengan definisi operasional M-Pox, tindak lanjut segera dilakukan, termasuk pengiriman spesimen ke laboratorium rujukan nasional.

Lebih lanjut, Basarin menegaskan bahwa jika terdapat laporan kasus suspek, probable, atau konfirmasi M-Pox, investigasi dan pelacakan kontak erat akan dilakukan dalam waktu 24 jam untuk mencegah penyebaran lebih lanjut.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut