get app
inews
Aa Read Next : Bagaimana Hukum Memakai Cincin Bagi Pria Muslim, Ternyata Ada yang Dilarang Ada Juga Disunnahkan

Renungan Jelang Maghrib, Khalid bin Walid pun Rindu Baca Alquran karena Waktu Tersita di Medan Jihad

Selasa, 20 Agustus 2024 | 17:17 WIB
header img
Panglima perang, pejuang tangguh seperti Khalid bin Walid pun merasakan penyesalan karena kurang membaca Alquran karena dia begitu fokus pada perang jihad. Foto: Ilustrasi

MEDAN, iNewsMedan.id - Pernahkah berpikir, seorang panglima perang, pejuang tangguh seperti Khalid bin Walid pun merasakan penyesalan karena kurang membaca Alquran karena dia begitu fokus pada perang jihad.

Beliau, yang telah mengorbankan segalanya untuk Islam termasuk jihad, masih merasa ada yang kurang dalam hidupnya. Ini menunjukkan betapa pentingnya Alquran dalam kehidupan seorang muslim.

Mari renungkan, apakah kesibukan Muslim saat ini sudah seimbang dengan perhatian terhadap Alquran?

Sering terdengar alasan sibuk jadi penghalang untuk belajar agama. Padahal, bahkan pahlawan perang seperti Khalid bin Walid pun menyesal karena kurang membaca Alquran. Kesibukannya berjihad saja tak menghalangi perasaannya untuk ingin lebih dekat dengan Alquran.

“Benar-benar jihad fii sabilillah telah menyita waktuku untuk bisa membaca Al-Quran“. (Atsar ini diketengahkan oleh Ibnu abi Syaibha dalam al Mushonnaf (X:552), Ibnu a’Asaakir dalam Tarikhnya (XVI:250).

Atsar ini sebenarnya lemah, tetapi karena adanya jalur pendukungnya menjadikan atsar ini hasan atau sahih. Atsar ini dinyatakan sahih oleh al Haitsami dalam Al-Majmu’ (IX:350) dan al Hafizh dalam Matholibul ‘Aaliyah (XVI:314)]

Subhanallah, bahkan pahlawan perang sehebat Khalid bin Walid pun merasa menyesal karena kurang membaca Alquran. Padahal, beliau sedang berjuang di jalan Allah. Ini menunjukkan betapa pentingnya Alquran bagi seorang muslim, bahkan bagi mereka yang sangat sibuk.

Khalid bin Walid  tetap merasa perlu untuk meningkatkan kualitas ibadah baca Alqurannya. Ini menunjukkan betapa pentingnya menyeimbangkan antara ibadah fisik dan ibadah hati.

Wallahualam Bissawab

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut