get app
inews
Aa Read Next : Didukung Elemen Pemuda, Natalis Tabuni Optimistis Maju di Pilgub Papua Tengah 2024

Program eMpowering Youths Across ASEAN Angkatan 4 2024 Terus Dorong Perubahan Berkelanjutan di ASEAN

Kamis, 15 Agustus 2024 | 17:15 WIB
header img
Program eMpowering Youths Across ASEAN Angkatan 4 2024 Terus Dorong Perubahan Berkelanjutan di ASEAN. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Perayaan Hari ASEAN pada 8 Agustus 2024, ASEAN Foundation dan Maybank Foundation menyelenggarakan Regional Capacity Building Workshop untuk Program eMpowering Youths Across ASEAN (eYAA) Angkatan ke 4 di Universitas Chulalongkorn, Bangkok, Thailand. Workshop lima hari ini merupakan bagian integral dari eYAA, menyediakan platform pembelajaran bagi kaum muda untuk terlibat dalam kegiatan relawan sosial dan mengimplementasikan ide serta solusi untuk masalah lokal di seluruh ASEAN, termasuk Indonesia, Kamboja, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Sejak peluncurannya pada 2018, eYAA telah memberikan dampak signifikan kepada hampir 60.562 anggota masyarakat melalui 293 relawan muda dan 25 lembaga sosial kemasyarakatan (CSO) serta social enterprises. Program ini sejalan dengan Cetak Biru Masyarakat Sosial Budaya ASEAN 2025, yang bertujuan menciptakan masyarakat yang inklusif, berkelanjutan, dan tangguh dengan membekali para pemuda ASEAN untuk berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan.

Tahun ini, untuk pertama kalinya, eYAA membentuk jaringan alumni yang dihadiri oleh 32 pemuda dari kohort sebelumnya serta delapan perwakilan CSO. Keikutsertaan para alumni ini menandai pencapaian penting dan menunjukkan kekuatan jaringan eYAA yang terus berkembang. Forum Impact Alumni juga diselenggarakan untuk menyoroti pencapaian program dan dampaknya pada komunitas di seluruh ASEAN.

Workshop ini mempertemukan 99 relawan muda dan sepuluh perwakilan CSO dari seluruh ASEAN, dengan tujuan menampilkan sepuluh proyek berdampak, mengeksplorasi peluang kolaborasi, dan memberikan pendidikan berbasis pengalaman. Para peserta mendapatkan pelatihan dalam Design Thinking, manajemen keuangan, keberlanjutan, dan presentasi pitching.

Proyek-proyek yang dilaksanakan oleh kohort keempat termasuk 'Sesaot Rahayu' di Desa Sesaot, Lombok Barat, yang fokus pada pertanian berkelanjutan dan pengembangan pariwisata, serta 'Jembatan Pendidikan' di Desa Potu, Nusa Tenggara Barat, yang bertujuan meningkatkan akses pendidikan melalui pembangunan jembatan dan Rumah Literasi.

Para pejabat dan tokoh penting seperti Y.M. Russ Jalichandra, Wakil Menteri Luar Negeri Thailand, dan Shahril Azuar Jimin, Group Chief Sustainability Officer Maybank, turut hadir dalam acara tersebut.

"Inisiatif ini membuktikan komitmen mereka dalam mempromosikan pembangunan berkelanjutan dan memperkaya komunitas di Asia Tenggara," kata Shahril Azuar Jimin.

Program eYAA terus berkomitmen memberdayakan pemuda ASEAN untuk memimpin perubahan berkelanjutan dan menciptakan dampak sosial serta ekonomi yang nyata di seluruh kawasan.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut