get app
inews
Aa Read Next : Wujudkan Sinergitas, Lapas Medan dan Polda Sumut Lakukan Pendataan KTA POLSUSPAS

Kapolda Sumut Ajak Tokoh Masyarakat Jaga Kamtibmas pada Pilkada 2024

Senin, 12 Agustus 2024 | 20:59 WIB
header img
Kapolda Sumut, Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto, menghadiri acara Pojok Pilkada Damai 2024, di Kota Medan. (Foto: Jafar/iNewsMedan.id)

MEDAN, iNewsMedan.id - Polda Sumut bersama KPU dan Bawaslu mengajak tokoh-tokoh masyarakat untuk menjaga kamtibmas di Sumut.

Hal itu diungkapkan oleh Kapolda Sumut, Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto, didampingi Dirintelkam Polda Sumut, Kombes Pol Dwi Indra Maulana, Ketua KPU Sumut, Agus Arifin, Ketua Bawaslu Sumut, M Aswin Diapari Lubis, pada acara Pojok Pilkada Damai 2024, di Hotel Santika Premiere Dyandra Hotel dan Convention Medan, Senin (12/8/2024).

"Kita meminta dukungan tokoh agama dan masyarakat dalam menciptakan Pemilu damai 2024. Karena itu Polri beserta penyelenggara Pemilu senantiasa melakukan koordinasi serta kolaborasi dengan semua unsur-unsur masyarakat agar dapat menjaga kamtibmas di Sumut," ujar Whisnu.

Whisnu juga mengaku sudah memahami serta melihat 25 ribu tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh Sumut pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang.

"Sudah dibagi mana-mana saja yang rawan serta kurang rawan, polanya sudah dibuat sesuai sistem di Mabes Polri dan didukung oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI)," ujar Whisnu.

"Akan ada perbantuan dari TNI dan Polda Sumut nanti," sambung Whisnu.

Disinggung terkait antisipasi polarisasi masyarakat dan pemberitaan hoaks agar masyarakat tidak menjadi korban politik, Whisnu menegaskan bahwa pihaknya bersepakat untuk memberitakan yang benar. Apabila ada pemberitaan hoaks maka akan ditindak.

"Polri dan TNI sepakat untuk menyampaikan berita-berita yang benar dan tidak menyesatkan," tegas Whisnu.

Whisnu juga berjanji bahwa Polri bersama TNI siap memberikan rasa aman kepada masyarakat, agar Pemilu terselenggara dengan damai dan aman.

"Kita juga sudah membuat suatu sistem pengamanan berstandar Nasional dengan melibatkan satuan-satuan pengamanan beserta penyelenggara Pemilu dan tokoh masyarakat. Kita berkoordinasi dan sudah kita rencanakan serta melakukan pendalaman bagaimana melakukan tindakan-tindakan Kepolisian yang aman, sehingga saya yakin dan percaya dengan dukungan serta bantuan masyarakat akan terjalin Pemilu Damai 2024," ungkap Whisnu.

Lebih lanjut, Whisnu memastikan bahwa anggota Polri tidak ada yang bermain di dalam Pilkada 2024.

"Kita pastikan Polri netral," pungkas Whisnu.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut