get app
inews
Aa Read Next : Bersama Ribuan Sheilagank Lainnya, Zakiyuddin Nonton Konser Sheila on 7

Diusung Gerindra dan PSI, Zakiyuddin Harahap-Suryani Paskah Naiborhu Layak Jadi Pemimpin Kota Medan

Selasa, 06 Agustus 2024 | 15:56 WIB
header img
Diusung Gerindra dan PSI, Zakiyuddin Harahap-Suryani Paskah Naiborhu Layak Jadi Pemimpin Kota Medan. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Tokoh pemuda Kota Medan yang juga menjabat sebagai Sekretaris DPC Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Kota Medan, Ferry Sihite menilai, sosok Zakiyuddin Harahap yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Partai Gerindra Sumut cocok memimpin Kota Medan jika dipasangkan dengan Suryani Paskah Naiborhu sebagai Wakil Wali Kota.

Suryani Paskah yang juga merupakan sepupu kandung atau pariban dari Menkomarvest Luhut Binsar Pandjaitan merupakan tokoh masyarakat Sumut yang menjabat sebagai wakil bendahara umum DPP GAMKI di tahun 2023.

Suryani Paskah yang mendaftar ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebagai Calon Wakil Wali Kota Medan juga akrab dikenal sebagai sosok yang aktif bergerak dibidang sosial kemasyarakatan.

"Saat pandemi COVID-19 beberapa tahun lalu, Suryani turut membantu masyarakat kurang mampu dengan menyalurkan bantuan. Suryani pun mendesak Pemko Medan untuk menerapkan harga eceran tertinggi (HET) dan memberi subsidi untuk rapid test COVID-19," ujar Ferry , Selasa (6/8/2024).

Ferry menuturkan, Suryani juga meminta pemerintah agar perempuan yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga dapat berobat dengan menggunakan BPJS Kesehatan, memperjuangkan agar Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dapat meningkatkan pengawasan terhadap obat-obatan yang beredar, khususnya obat untuk anak. 

"Suryani juga memperjuangkan agar kapal penangkap ikan dengan ukuran 30 GT ke bawah dapat dibebaskan pungutan PNBP pasca produksi karena memberatkan nelayan dan lain sebagainya," ungkapnya.

Di lain sisi, Ferry menuturkan, sosok Zakiyuddin Harahap yang merupakan putra dari mantan Bupati Tapanuli Selatan periode  2000-2005 juga pernah menjadi Dosen IAIN, Drs Saleh Harahap.

Pria yang akrab disapa Zaki ini adalah sosok yang fokus dibidang ekonomi dan terjun sebagai pengusaha muda. Zakiyuddin juga pernah menjadi pimpinan cabang pada sebuah bank daerah di Sumatra Utara (Sumut). 

"Hal ini yang membuat Zakiyuddin diyakini mampu membuat program-program ekonomi yang tepat sesuai kebutuhan masyarakat. Pengalamannya sebagai bankir ini juga diyakini dapat membantu masyarakat, khususnya UMKM, untuk memperoleh akses pendanaan atau kredit," jelas Ferry.

Ferry meyakini keduanya cocok dipasangkan untuk memimpin Kota Medan karena masing-masing memiliki kelebihan. "Kelebihan inilah yang akan membuat mereka saling mengisi saat memimpin Kota Medan," ujarnya.

Ferry menambahkan, Partai Gerindra saat ini memiliki 6 kursi di DPRD Medan. Sedangkan Partai PSI memiliki 4 kursi. Sehingga jika keduanya digabungkan, yakni 10 kursi, cukup mengusung pasangan Zakiyuddin Harahap-Suryani Paskah Naiborhu di Pilkada Medan. 

"Saya pikir keduanya sangat layak untuk maju dalam Pilkada Kota Medan," pungkas Ferry.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut