get app
inews
Aa Read Next : Dinas Kesehatan Deliserdang Raih Penghargaan Capaian Imunisasi Tertinggi

Mengapa Imunisasi Penting? Ini Penjelasan Dinkes Sumut

Jum'at, 02 Agustus 2024 | 09:25 WIB
header img
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sumut, Novita Saragih, dalam kegiatan Penguatan Imunisasi IPV2 di Medan, Kamis (1/8/2024). (Ist)

MEDAN, iNewsMedan.id- Imunisasi adalah upaya meningkatkan kekebalan tubuh seseorang secara aktif terhadap penyakit tertentu, sehingga ketika terpapar, mereka tidak akan sakit atau hanya mengalami gejala ringan.

"Pelaksanaan imunisasi juga merupakan perwujudan dari komitmen bela negara," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Drs. Basarin Yunus Tanjung melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sumut, Novita Saragih, dalam kegiatan Penguatan Imunisasi IPV2 di Medan, Kamis (1/8/2024).

Novita menjelaskan bahwa imunisasi dapat melindungi warga Indonesia dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) seperti polio, difteri, hepatitis, pertusis, tetanus, dan campak rubella.

"Masyarakat Indonesia yang sehat, kuat, dan unggul adalah modal awal bagi bangsa yang maju," jelasnya.

Imunisasi juga berperan penting dalam menurunkan angka stunting, sejalan dengan rencana pembangunan nasional bidang kesehatan pada RPJMN 2022-2024.

"Indonesia mendapatkan sertifikat bebas polio pada 2014. Artinya, Indonesia harus memiliki cakupan imunisasi yang tinggi dan merata agar status bebas polio dapat dipertahankan. Penemuan satu kasus polio merupakan kejadian luar biasa (KLB)," jelasnya.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut