get app
inews
Aa Read Next : Koordinasi Penanggulangan KLB di Nias Selatan, Kasus Baru Malaria Nol

21 Jemaah Haji Asal Sumut Wafat di Mekkah, Umumnya Akibat Heat Stroke

Jum'at, 19 Juli 2024 | 18:16 WIB
header img
Sebanyak21 Jemaah Haji Asal Sumut Wafat di Mekkah, Umumnya Akibat Heat Stroke. Foto ilustrasi Reuters

MEDAN, iNewsMedan.id- Dinas Kesehatan Sumatera Utara melaporkan bahwa selama pelaksanaan ibadah haji 1445 Hijriah/Tahun 2024, sebanyak 21 jemaah haji asal Sumatera Utara meninggal dunia di Mekkah. Mayoritas dari mereka mengalami heat stroke.

"Dari data terakhir yang kami terima hingga kloter ke-21 ini, total jemaah haji asal Sumut yang meninggal mencapai 21 orang," ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Basarin Yunus Tanjung, pada Jumat (19/7/2024).

Basarin menjelaskan bahwa sebagian besar jemaah yang meninggal adalah mereka yang berisiko tinggi, yaitu berusia di atas 60 tahun atau memiliki penyakit penyerta (komorbiditas).

"Suhu udara di Mekkah memang sangat ekstrem. Di beberapa wilayah di Arab Saudi, suhu bahkan mencapai lebih dari 45 derajat Celcius, yang memperburuk kondisi kesehatan jemaah haji yang rentan," jelasnya.

Ia menambahkan bahwa gejala yang biasanya dialami oleh jemaah yang terkena heat stroke meliputi suhu tubuh yang sangat tinggi, pusing, mual, muntah, dan bahkan kejang-kejang. Kasus heat stroke ini menjadi peringatan bagi seluruh jemaah haji untuk selalu menjaga kesehatan dan kebugaran selama berada di Tanah Suci.

"Cuaca panas yang ekstrem dapat memperburuk kondisi kesehatan, terutama bagi jemaah haji yang sudah lanjut usia atau memiliki penyakit bawaan," lanjut Basarin.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut