get app
inews
Aa Read Next : Perkuat Komitmen Lindungi Data Pribadi, IOH Dukung Digitalisasi Aman Merata di Indonesia

Dukung Pengembangan Startup, Indosat Hadirkan Program SheConnect Champion di Bali

Selasa, 09 Juli 2024 | 18:15 WIB
header img
Dukung Pengembangan Startup, Indosat Hadirkan Program SheConnect Champion di Bali. (Foto: Istimewa)

DENPASAR, iNewsMedan.id - Sukses menggelar kegiatan di berbagai kota di Indonesia, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) kembali menyelenggarakan SheConnect Champion di Kota Denpasar, Bali. Program ini merupakan ajang kompetisi pitching battle ide bisnis hasil karya perempuan Indonesia, dengan tujuan mendorong pengembangan usaha rintisan (startup) mereka, sekaligus mengembangkan pola pikir tech-preneurial dalam komunitas perempuan Indonesia.

SheConnect Champion di Kota Denpasar diikuti sekitar 50 perempuan pemilik usaha dan 11 startup yang mempresentasikan rancangan inovasi teknologi untuk mengembangkan bisnis wirausaha mereka, atau biasa dikenal dengan istilah technopreneurship.

Rencana bisnis ini akan dinilai oleh para juri yang terdiri dari praktisi startup dan venture capital yang ahli di bidangnya masing-masing. Khusus di kota Denpasar, Indosat menghadirkan Head of People Ops Slash yang juga merupakan Co-Founder Pratisara Bumi Foundation, Maria Agustin, serta Impact Investment Rabo Foundation, Hyacynthia Kesuma.

SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang, mengatakan, SheConnect Champion 2024 menargetkan womenpreneur sebagai langkah strategis untuk mendukung keberlanjutan ekonomi dan inklusi gender di Indonesia.

"Melalui program ini, kami secara aktif mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) PBB, khususnya SDG 5 tentang kesetaraan gender dan SDG 8 tentang pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Dengan memperkuat kapasitas womenpreneur, kami berupaya menciptakan ekosistem yang memungkinkan perempuan untuk terus berkembang dan berkontribusi lebih besar dalam perekonomian," katanya, Selasa (9/7/2024).

“SheConnect Champion memberikan kesempatan bagi perempuan pelaku usaha rintisan untuk mempresentasikan minimum viable product (MVP) mereka. Program ini tidak hanya menawarkan platform untuk memamerkan inovasi mereka, tetapi juga menghubungkan mereka dengan ekosistem startup lokal. Melalui jaringan ini, womenpreneur dapat mengakses sumber daya, bimbingan, dan peluang yang diperlukan untuk mengembangkan usaha mereka," lanjut Steve.

Pemenang SheConnect Champion dipilih berdasarkan kriteria inovasi berbasis teknologi yang dihadirkan, kelayakan pengembangan bisnis ke depannya, dan dampak potensial yang akan ditimbulkan.

Selain mendapatkan apresiasi berupa uang tunai, para pemenang juga mendapatkan kesempatan untuk bergabung ke dalam SheHacks MVP dalam program puncak SheHacks 2024. Nantinya di dalam program SheHacks MVP, mereka akan mendapatkan serangkaian sesi mentoring, inkubasi, pendampingan, hingga kesempatan perjalanan ke luar negeri guna mendapatkan wawasan yang berharga untuk ekspansi global dan pengembangan inovasi bisnis.

“Dengan menghadirkan tiga pemenang pitching battle dari masing-masing kota, kami berharap program ini dapat menginspirasi perempuan Indonesia lainnya untuk mengejar aspirasi tech-preneurial mereka. Hal ini sejalan dengan misi Indosat untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” jelas Steve.

Setelah melalui proses pitching battle dan penjurian secara ketat, Prana Indonesia menjadi pemenang pertama dalam gelaran ini. Prana Indonesia merupakan property developer yang berfokus mengembangkan akomodasi berkelanjutan, baik dari segi bahan yang digunakan maupun melalui program-program yang diimplementasikan di setiap properti yg mereka kembangkan.

Co-Founder Prana Indonesia, Nitya Wulandari Iman (31), terpilih menjadi juara pertama SheConnect Champion Bali.

"Saya merasa sangat senang dan bersyukur bisa memenangkan acara SheConnect Champion Bali 2024. Kemenangan ini merupakan pengakuan atas kerja keras dan dedikasi tim Prana Indonesia. Saya bangga bisa mewakili startup kami dan berkontribusi dalam komunitas inovasi yang luar biasa ini. Nantinya hadiah dari kompetisi ini akan kami gunakan untuk mengembangkan produk dan layanan Prana Indonesia serta research and development untuk mengembakan inovasi produk lainnya," ujar Nitya selaku Co-Founder dan COO Prana Indonesia.

Sebagai informasi, SheConnect Champion merupakan bagian dari rangkaian program SheHacks 2024 sebagai perwujudan tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) Indosat melalui pilar Pengembangan Komunitas yang fokus pada pemberdayaan perempuan Indonesia.

SheConnect Champion untuk kali pertamanya diadakan tahun ini dengan tujuan untuk mengembangkan pola pikir tech-preneurial di komunitas perempuan. Juga menghadirkan rancangan inovasi dari kandidat-kandidat perempuan yang memanfaatkan teknologi untuk menciptakan ide dan inovasi baru dalam mengembangkan bisnis wirausaha mereka.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut