get app
inews
Aa Read Next : 1.150 Tenaga Medis Siap Bertugas di PON Sumatera Utara

PB IDI Respons Dokter Asing Praktik, Negara Harusnya Lebih Mengapresiasi Tenaga Medis Lokal

Selasa, 09 Juli 2024 | 13:18 WIB
header img
Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr Mohammad Adib Khumaidi merespons soal dokter asing  yang akan dipekerjakan pemerintah di Indonesia. Foto: Okezone

JAKARTA, iNewsMedan.id - Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr Mohammad Adib Khumaidi merespons soal dokter asing  yang akan dipekerjakan pemerintah di Indonesia.

Menurutnya, ini bukan soal setuju atau tidak setuju, tetapi bagaimana negara seharunya lebih mengapresiasi tenaga medis warga negara Indonesia (WNI). Itu yang harus dikedepankan.

"Saat ini yang harus dilakukan adalah membuat kajian yang lebih kuat terkait dengan tata kelola tenaga medis asing ini," papar dr Adib dalam Webinar, Selasa (9/7/2024).

Ia menekankan bahwa dokter lokal itu sangat siap berkompetisi dengan dokter asing. Terlebih, upaya kolaborasi di level Internasional pun sudah dibangun.

"Jadi, ya, gak ada masalah dengan hadirnya dokter asing di Indonesia," ungkap Adib.
 

Tapi sekali lagi ditekankan oleh Adib adalah bagaimana negara lebih memberi apresiasi kepada dokter lokal. Ya, pemerintah sebaiknya mengatasi masalah di daerah terlebih dulu baru mencoba memberi solusi dengan menghadirkan dokter asing. 

Menurut dr Adib, masih banyak tata kelola dokter asing yang belum diselesaikan, yang itu sebenarnya adalah tanggung jawab negara. Lalu, ada Undang-Undang Pemerintah Daerah berkaitan dengan tata kelola tenaga medis atau tenaga kesehatan yang juga belum bisa dilakukan.

"Teman-teman di wilayah yang seharusnya menerima insentif atau apresiasi sebagai bagian dalam kelangkaan profesi di suatu wilayah yang belum terealisasi," tuturnya.

"Jadi, (semestinya) hal-hal seperti itu yang perlu didorong terlebih dahulu sebelum membuat solusi yang memberikan kesan sepertinya kita dihadapkan pada sebuah kompetitor, walau kami melihat dokter asing bukanlah kompetitor," tambah dr Adib. 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut