get app
inews
Aa Read Next : Rico Waas Silaturahmi ke Tuan Guru Besilam, Minta Doa hingga Nasihat Jadi Pemimpin yang Amanah

Unggul di Survei TBRC, Masyarakat Ingin Nikson Nababan Jadi Gubernur Sumut 2024

Sabtu, 29 Juni 2024 | 21:50 WIB
header img
Mantan Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Survei Timur Barat Research Center (TBRC) merilis hasil survei soal nama bakal calon Gubernur Sumatera Utara (Sumut) pilihan masyarakat pada Pilkada 2024 mendatang.

Dalam survei tersebut, nama Mantan Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan, berhasil mengungguli empat calon kandidat lainnya. Di antaranya, Bobby Nasution, Edy Rahmayadi, Musa Rajekshah, dan Dedi Iskandar Batubara.

Direktur TBRC, Johanes Romeo, mengatakan bahwa survei itu digelar di Provinsi Sumut pada 10-23 Juni 2024. Responden yang diwawancarai tatap muka sebanyak 1880 orang.

TBRC menggunakan metodologi multistage random sampling dengan margin of error survei 2,26 persen. Kemudian, metode pengumpulan data berupa kuesioner.

Adapun rincian hasil survei TBRC sebagai berikut:

1. Hasil Survei TBRC  untuk Calon Gubernur Sumut 2024 dalam Top of Mind

Nikson Nababan 26,8%
Bobby Nasution: 25,3%
Edy Rahmayadi: 20,4%
Musa Rajekshah: 8,9%
Dedi Iskandar Batubara: 6,1%
Tidak tahu/tidak jawab: 12,5%

2. Tingkat Keterpilihan Nama Calon Gubernur dengan Simulasi Tiga Nama dengan Pertanyaan Tertutup 

Nikson Nababan 32,2 persen 
Bobby Nasution 28,4 persen
Edy Rahmayadi 26,3 persen 
Tidak Memilih  13,1 persen

Johanes Romeo menambahakan bahwa perilaku pemilih di Sumut itu cenderung berbasis Primodial. "Misalnya, saat Pilkada Sumut yang sebelum pasangan Djarot-Sihar Sitorus menang di kabupaten-kabupaten yang mayoritas beragama Kristen. Dan sebaliknya, pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah menang di kabupaten yang mayoritas beragama Islam," jelasnya.

Maka dari itu, lanjutnya, apabila ada tiga pasangan dengan komposisi Nikson Nababan, Edy Rahmayadi, dan Bobby Nasution, suara Islam akan terpecah dua. Sementara, suara Kristen akan solid ke Nikson Nababan.

"Apalagi jika Nikson Nababan bisa berpasangan dengan wakilnya dari pemeluk agama Islam nantinya akan bisa menambah kekuatannya," terangnya.

Sementara itu, Pengamat Politik Universitas Sumatera Utara (USU), Warjio, menilai hasil survei itu sangat mengejutkan dan harus menjadi perhatian bagi para kontestan yang akan bertarung pada Pilkada 2024. Menurutnya, Nikson Nababan bisa mempengaruhi elektabilitas Bobby Nasution dan Eddy Rahmayadi.

“Naiknya Elektabilitas Nikson Nababan dari Bobby Nasution dan Edy Rahmayadi di survey TBRC ini harus menjadi perhatian lawan, karena masyarakat Sumut ingin adanya perubahan,” ujar Warjio, Sabtu (29/6/2024).

Warjio juga menambahkan bahwa Nikson Nababan harus mendapatkan dukungan parpol lainnya agar tetap mempertahankan elektabilitasnya di Pilgub Sumut 2024.

“Yang menjadi perhatian agar elektabilitas Nikson Nababan tetap tinggi harus ada dukungan parpol yang menjadi kekuatan Nikson Nababan menang di Pilgub Sumut 2024,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa Nikson Nababan punya peluang untuk menang pada Pilgub Sumut mendatang. Mengingat, pengalamannya selama dua periode sebagai Bupati Taput.

“Peluang menang Nikson Nababan di Pilgub Sumut bisa saja terjadi dengan pengalaman sebagai Bupati Tapanuli Utara selama dua periode yang dinilai berhasil, dapat memberikan kepercayaan kepada Masyarakat melalui program yang meningkatkan ekonomi masyarakat Sumut nantinya," terangnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut