get app
inews
Aa Read Next : Pemko Medan Targetkan 212 Ribu Tenaga Kerja Informal Dilindungi Universal Coverage Jamsostek

Bukan Paman, Bobby Lantik Kadis SDABMBK Topan Ginting Jadi Pj Sekda Medan

Senin, 13 Mei 2024 | 16:56 WIB
header img
Bukan Paman, Bobby Lantik Kadis SDABMBK Topan Ginting Jadi Pj Sekda Medan. (Foto: iNewsMedan.id/Jafar)

MEDAN, iNewsMedan.id - Wali Kota Medan, Bobby Nasution melantik dan mengambil sumpah jabatan untuk Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan. Setelah melalui pertimbangan yang matang, Topan Ginting terpilih sebagai Pj Sekda Medan yang baru.

Topan Ginting yang menjabat sebagai   Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga Bina Konstruksi (SDABMBK) dipilih Bobby Nasution sebagai Pj Sekda Medan didasarkan pada pertimbangan bahwa ia memiliki pengalaman yang luas dalam memimpin Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang penting di Kota Medan. 

"Selain itu, ia (Topan Ginting) juga dinilai memiliki kemampuan untuk memonitor beberapa program utama yang berada di bawah tanggung jawabnya," kata Bobby usai Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Jabatan Penjabat (Pj) Sekda Kota Medan di kantor Pemko Medan, Senin (13/5/2024).

Bobby juga menjelaskan bahwa penunjukan Pj Sekda sebelumnya, Benny Sinomba Siregar, tidak dilanjutkan karena adanya masa cuti yang mendekat. Proses pengajuan Pj Sekda memerlukan persetujuan dari Pj Gubernur Sumatera Utara, dan oleh karena itu, Topan Ginting dipilih sebagai pengganti Benny Sinomba Siregar.

"Penunjukan Plh kemarin karena masa cuti kemarin mepet karena untuk menunggu pengajuan Pj itu harus ada persetujuan dari Pj Gubernur Sumut," jelasnya.

Kata Bobby, kinerja Pemerintah Kota Medan juga menjadi perhatian utama dalam penentuan Pj Sekda. Semua anggota tim dan OPD akan dinilai berdasarkan kinerja individu maupun keseluruhan. 

"Pemko Medan menegaskan bahwa tidak ada lagi bertindak secara sektoral, semuanya harus bekerja dan bertanggung jawab secara bersama-sama," tegas Bobby.

Sebelumnya, pengangkatan Benny Sinomba Siregar sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekda juga menjadi sorotan publik karena hubungannya dengan Wali Kota Bobby Nasution. Bobby Nasution menjelaskan bahwa penunjukan Plh Sekda kepada pamannya tersebut telah disampaikan kepada Wakil Wali Kota Medan.

"Dia (Benny) paman saya, beliau sebelum saya jadi wali kota juga sudah dinas di Pemko Medan dan beliau juga sudah menjalani pimpinan OPD juga sesuai dengan tahapan-tahapannya dan sesuai. Dan penunjukan beliau kemarin sudah disampaikan kepada pak Wakil Wali Kota Medan," terang menantu Presiden Jokowi tersebut.

Sebelum menjabat sebagai Plh Sekda Medan, Benny Sinomba Siregar telah memiliki pengalaman dalam mengemban kepemimpinan di Pemerintah Kota Medan. Bobby Nasution menekankan bahwa penunjukan Benny sebagai Plh Sekda didasarkan pada prestasinya yang sudah terbukti sebelumnya.

Salah satu indikator pengusulan Benny Sinomba Siregar sebagai Plh Sekda adalah ketika ia menjabat sebagai Kepala Dinas Badan Pengelola Pendapatan dan Retribusi Daerah (BP2RD) pada tahun 2021. Kinerja Benny sebagai pengawas berhasil meningkatkan pendapatan daerah dengan signifikan.

Dengan pengangkatan Penjabat Sekda yang baru, diharapkan Pemerintah Kota Medan dapat terus maju dan menghadirkan kemajuan yang lebih baik bagi warga Kota Medan. 

"Semua OPD dan stakeholder juga diharapkan bekerja secara sinergis tanpa adanya faksi-faksi yang dapat menghambat kinerja Pemerintah Kota Medan," tegas Bobby.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut