get app
inews
Aa Read Next : Pentingnya Peraturan Perusahaan dan Perjanjian Kerja Bersama pada Perusahaan Manufaktur 

Kartini, Sarinah dan Srikandi Adhyaksa 

Minggu, 21 April 2024 | 21:00 WIB
header img
Kepala Kejari Sragen Virginia Hariztavianne (kanan)

Oleh Virginia Hariztavianne

 

iNewsMedan.id- Hari ini, 21 April 2024, segenap warga Bangsa Indonesia merayakan Hari Kartini. Perayaan ini bentuk penghargaan atas jasa Kartini sebagai pejuang perempuan yang menentang penjajahan dan memperjuangkan emansipasi untuk kaum perempuan agar bisa mendapatkan hak-hak yang setara, salah satunya pendidikan. 

Nama lengkapnya adalah Raden Adjeng Kartini yang mungkin lebih dikenal sebagai R.A Kartini. Dia lahir pada 21 April 1879 di Jepara, Jawa Tengah. Dia perempuan yang sangat beruntung kala itu, karena terlahir dari keluarga priyayi. 

Sejarah Hari Kartini berhubungan juga dengan perjuangan Kartini dalam memajukan pendidikan perempuan Indonesia. Meskipun lahir dari keluarga priyayi dia tidak ingin menikmati semua privilege itu sendiri. 

Kartini ingin semua perempuan Indonesia mendapatkan hak yang sama. Kartini yang mendapat kesempatan untuk mengenyam pendidikan cukup tinggi di masa itu, ingin perempuan-perempuan lain juga mendapatkan hak sama seperti dirinya 

Kini, di era moderen, Kartini adalah sosok tokoh panutan bagi perempuan Indonesia, yang mampu berhasil menghadirkan emansipasi perempuan dan kesetaraan perempuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Sementara itu, Sarinah adalah sosok perempuan yang begitu dikagumi dan dihormati Soekarno, Proklamator Kemederkaan Republik Indonesia. Sosok yang dihormati Soekarno ini hanya wanita desa yang ikut menumpang pada keluarga Soekarno. 

Soekarno kecil dirawat dan diasuh Sarinah, bahkan Sarinah diketahui tidak dibayar atau digaji. Tak heran jika, Soekarno kecil begitu dekat dengan sosok Sarinah. Mungkin Soekarno lebih dekat dengan Sarinah daripada ibunya sendiri. 

Editor : Ismail

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut