get app
inews
Aa Read Next : Polres Labusel Terima Hibah Mobil Dinas, Ini Kata Maringan Simanjuntak

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Samosir, Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran 2024

Sabtu, 13 April 2024 | 12:01 WIB
header img
Desa Tomok di Samosir. (MNC Portal)

MEDAN, iNewsMedan.id - Bagi kalian yang tidak menjalankan mudik namun bingung ingin menghabiskan waktu liburan, artikel ini sangat cocok untuk disimak.

Bagi masyarakat khususnya yang berada di daerah provinsi Sumatera Utara, mungkin sudah tak asing dengan beberapa tempat wisata yang ada di Samosir. Namun pada artikel berikut terdapat beberapa tempat yang mungkin belum sempat kalian kunjungi. 

Pulau Samosir, sebuah pulau di tengah Danau Toba, Sumatera Utara, menawarkan berbagai pesona wisata yang memukau. Dari panorama alam yang indah, budaya Batak yang kental, hingga sejarah yang menarik, Samosir adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Berikut adalah 7 rekomendasi tempat wisata di Samosir cocok dikunjungi saat libur Lebaran 2024.

7 Tempat Wisata Samosir 

1. Danau Sidihoni 

Danau Sidihoni, danau di atas danau, merupakan salah satu keunikan Samosir. Danau ini terletak di Desa Sidihoni, Kecamatan Pangururan. Pengunjung dapat menikmati pemandangan danau yang indah, trekking di hutan di sekitarnya, dan berfoto di spot-spot instagramable.

2. Bukit Holbung 

Bukit Holbung menawarkan panorama Danau Toba yang luar biasa indah. Pengunjung dapat menikmati pemandangan sunrise dan sunset yang menakjubkan dari puncak bukit ini. Selain itu, terdapat berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di sini, seperti trekking, camping, dan flying fox. 

3. Makam Raja Sidabutar 

Makam Raja Sidabutar merupakan situs sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Di sini, Anda dapat melihat kompleks makam raja-raja Sidabutar yang dihiasi dengan patung-patung batu yang unik. Pengunjung juga dapat mempelajari sejarah dan budaya Batak di tempat ini.

4. Desa Tomok 

Desa Tomok adalah salah satu desa tradisional Batak yang masih terjaga keasliannya. Di sini, Anda dapat melihat rumah-rumah adat Batak yang khas, melihat pertunjukan tari tradisional, dan belajar menenun kain ulos. 

5. Tuk Tuk Siadong 

Tuk Tuk Siadong adalah sebuah bukit di tepi Danau Toba yang menawarkan pemandangan yang indah. Pengunjung dapat menikmati pemandangan danau, pulau Samosir, dan perbukitan di sekitarnya. Di sini juga terdapat berbagai warung makan yang menyajikan makanan khas Batak.

6. Air Terjun Efrata 

Air Terjun Efrata adalah air terjun bertingkat yang indah dan menyegarkan. Pengunjung dapat bermain air di bawah air terjun, trekking di hutan di sekitarnya, dan berfoto di spot-spot instagramable. 

7. Menara Pandang Tele 

Menara Pandang Tele adalah menara setinggi 45 meter yang menawarkan pemandangan 360 derajat Pulau Samosir dan Danau Toba. Pengunjung dapat melihat keindahan alam Samosir dari atas menara ini.

Itulah 7 tempat Wisata Samosir. Selamat berlibur dan berkumpul bersama keluarga ya sobat iNews.id. 

Editor : Chris

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut