get app
inews
Aa Read Next : Peserta BPJamsostek Usia 56 Tahun Diimbau untuk Mencairkan JHT

Tempat Suci yang Kini Dikuasai Israel, Ini Sejarah Masjidil Aqsa Menurut Islam

Jum'at, 29 Maret 2024 | 10:00 WIB
header img
Sejarah Masjidil Aqsa Menurut Islam. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Masjidil Aqsa terletak di negara Palestina, namun tempat suci bagi umat Islam tersebut kini telah dikuasi oleh Isarel.

Selain Masjidil Haram Mekkah, masjid tersebut juga istimewa. Lantaran Masjid al-Aqsha merupakan masjid tertua di dunia setelah Masjid al-Haram. 

Nabi Adam ‘alaihis salam merupakan Nabi yang pertama kali membangun Masjid tersebut setelah Masjid al-Haram dibangun berselang selama empat puluh tahun lamanya. 

Masjid al-Aqsha yang berada di kota Baitul Maqdis, Palestina pernah menjadi kiblat shalat selama tujuh belas bulan setelah Rasulullah shallallahu ‘alaih wasallam berhijrah dari Makkah ke Madinah.  

Masjidil Aqsa juga merupakan masjid kedua yang disinggahi Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa Isra Mikraj.

Peristiwa itu diabadikan dalam Alquran, Surat Al-Isra ayat 1. Allah SWT berfirman:

‎سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

Artinya: Maha Suci (Allah) yang telah memperjalankan hamba-Nya (Nabi Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidilaqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (QS. Al-Isrā' [17]:1).

Sejarah Masjidil Aqsa Menurut Islam
Dilansir dari laman kemenag, Masjid Al-Aqsha adalah masjid kedua yang dibangun di muka bumi setelah Masjidil Haram, Mekkah. Keyakinan sebagian besar ulama mengatakan bahwa Masjidil Aqsa dibangun oleh Nabi Adam alaihisalam dalam jangka 40 tahun setelah dibangunnya Masjidil haram.

Dalam shahih Muslim dari Hadis Abu Zar Alghifari RA ia berkata: “Aku berkata ya Rasulullah masjid apa yang pertama dibangun? Rasul menjawab: Masjid Al-haram: aku bertanya kemudian apa: Ia menjawab Masjid Al-Aqsha, aku bertanya: berapa jarak antara keduanya” ia menjawab empa puluh tahun dan dimanapun engkau dapatkan shalat maka shalatlah, itu adalah masjid.”

Ibnu Hisham dalam kitab “Atijan fi Muluk Hamir” jilid 1/22 cetakan pertama, percetakan Markaz Addirasat wal Abhats Yamaniyah, th 1347 H “Adam setelah membangun Ka’bah kemudian Allah perintahkan ia untuk berjalan ke Baitul Maqdis dan jibril menunjukkan cara membangun Baitul Maqdis maka ia membangunnya dan beribadah di sana”

Sebagaimana ia melaksanakan pembangunan dan meramaikan Masjid Al-Haram demikian juga dengan masjid Al-Aqsha yang mulia, Nabi Ibrahim AS menta’mir masjid Al-Aqsha sekitar tahun 2000 SM, kemudian tugas itu dilanjutkan oleh anak-anaknya Ishak, Ya’qub AS setelahnya, sebagaimana Sulaiman mengikutinya kemudian pembangunannya sekitar tahun 1000 SM.

Dalam sunan Ibnu Majah  dari Abdullah  bin Amru RA dari Nabi SAW ia berkata: “Setelah Sulaiman bin Daud selesai membangun Bait al Maqdis ia meminta tiga hal kepada Allah: hukum yang bertepatan dengan hukumnya, Kerajaan yang tidak ada taranya setelahnya, dan agar tidak ada orang yang mengunjunginya untuk melaksanakan shalat kecuali keluar dari dosanya sebagaimana ia dilahirkan ibunya” Sulaiman berkata ”Dua sudah di berikan dan saya harap yang ketiga juga dikabulkan”

Editor : Chris

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut